window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ditawarkan Rp2,2 Miliar, Ini Kehebatan Toyota GR Supra yang Dijual di Indonesia

Enda · 25 Agu, 2021 19:00

Ditawarkan Rp2,2 Miliar, Ini Kehebatan Toyota GR Supra yang Dijual di Indonesia 01

Toyota GR Supra

Legenda sportcar pabrikan otomotif berlogokan tiga oval, Toyota, pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2019 memperkenalkan sosok Toyota GR Supra sebagai generasi kelima Supra di dunia.

GR Supra pertama kali diperkenalkan secara resmi kepada pasar global di Detroit Auto Show, Amerika Serikat, pada awal 2019. Sejak itu, banyak sportcar enthusiast dari berbagai belahan dunia langsung melakukan proses pemesanan GR Supra. Tingginya permintaan global tentunya mempengaruhi besaran kuota GR Supra untuk pasar Indonesia menjadi terbatas.
 

Ditawarkan Rp2,2 Miliar, Ini Kehebatan Toyota GR Supra yang Dijual di Indonesia 02

Tampilan Toyota GR Supra

Sebagai informasi, legenda sportscar Toyota Supra generasi pertamanya diluncurkan pada 1978. Kemudian generasi keduanya diluncurkan pada 1981, disusul generasi ketiga tahun 1986, dan generasi keempat pada 1993 dan baru dihentikan produksinya pada 2002. Selang 17 tahun kemudian, Toyota menghadirkan generasi kelima yang dinamai GR Supra. 

Dalam pengembangannya, Toyota GR Supra melewati serangkaian uji coba baik di lintasan sirkuit maupun jalan raya. Hal ini dilakukan untuk mendapati komposisi dan kunci terbaik sportscar sejati namun tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan dalam berbagai kondisi lintasan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas apa sih kehebatan Toyota GR Supra yang dijual di Indonesia dengan harga baru tembus di atas Rp2 miliar? Berikut ulasannya.

Baca juga: Replika Toyota GR Supra Lego Ini Mirip Banget Aslinya, Bisa Dibawa Ngebut Juga!

1. Bukan Cuma Sporty, Desain Toyota GR Supra Menyuguhkan Tingkat Keaerodinamisan yang Tinggi

Ditawarkan Rp2,2 Miliar, Ini Kehebatan Toyota GR Supra yang Dijual di Indonesia 01

Toyota GR Supra memiliki tingkat kearedinamisan yang tinggi

Dalam merancang mobil ini, Toyota banyak melakukan beberapa ubahan serta pengembangan pada sejumlah titik, guna mendapatkan tingkat aerodinamis berkendara yang lebih tinggi.

Desain bagian atas hadir dengan double bubble yang sekaligus berfungsi untuk mengurangi hambatan udara untuk mengalirkan udara ke spoiler belakang yang berbentuk duck-tail untuk memberi tambahan down force dan memberikan kesan kuat serta sporty.

Tidak hanya itu, improvement yang dilakukan secara efektif juga menghasilkan tekanan untuk meningkatkan handling dan stabilitas.  
 
Pada wajahnya, GR Supra juga dilengkapi 6 lampu LED pada bagian depan dan juga kombinasi lampu LED di bagian belakang, dimana keduanya memancarkan aura premium.

Tampilan mobil ini terkesan semakin sporty berkat penambahan logo Supra pada kaliper merah rem depan yang ikut menambah nilai kejantanan mobil ini. Bumper depan dan belakang Toyota GR Supra diketahui terlihat dinamis, dimana pada bagian sampingnya terlihat sporty berkat disematkannya velg Alloy yang dibalut dengan profil ban 19 inci.

Khusus varian Special Edition, GR Supra dilengkapi beberapa ubahan yang sangat menguatkan image sebuah sports car dengan warna eksterior Horizon Blue, 19 inci sporty alloy wheel design dengan warna Matte Black.

2. Selain Sporty, Toyota GR Supra Terkesan Nyaman

Ditawarkan Rp2,2 Miliar, Ini Kehebatan Toyota GR Supra yang Dijual di Indonesia 02

Interior Toyota GR Supra terkesan sporty

Varian Special Edition dari Toyota GR Supra disematkan jok yang dibalut dengan Black Alcantara with Blue Stitching dan Blue Perforation Underlay. Selain itu, tampilan meter-cluster yang semi digital juga memberikan kemudahan dalam membaca informasi yang ditampilkan.

Agar setiap penggunannya merasa nyaman di saat berkendara, kabin mobil ini dilengkapi sistem multimedia berlayar 8,8 inchi dengan teknologi layar sentuh dan didukung 10 speakers yang menghasilkan suara secara jernih. 

Untuk memberikan kesan sporty, pada sisi interiornya tersebut didominasi dengan warna hitam, yang disertai penambahan fitur berupa wireless charger yang membuat terasa semakin advance.

Ada beberapa fitur yang diberikan Toyota di dalam mobil ini, yaitu Steering Wheel with Steering Switches (Cruise Control & Speed Limiter) dan Sporty Multi-Information Display untuk mendukung setiap pengendaranya agar dapat berkendara secara optimal.

Baca juga: Jangan Iri Boss, Toyota Supra A91-CF Edition Full Karbon ini Cuma Dibikin 600 Unit!

3. Toyota GR Supra Dilengkapi Teknologi AVS Pada Suspensinya

Ditawarkan Rp2,2 Miliar, Ini Kehebatan Toyota GR Supra yang Dijual di Indonesia 03

Toyota GR Supra memakai teknologi AVS pada suspensinya

Toyota GR Supra menggunakan suspensi berjensikan Double-joint Type MacPherson strut untuk bagian depannya, serta Multi-Link pada roda belakangnya.
Guna mengontrol respon mobil terhadap permukaan jalan secara otomatis, serta menyesuaikan keinginan gaya berkendara baik ‘Normal’ ataupun ‘Sport’, sebagai pelengkap Toyota GR Supra dilengkapi dengan suspensi yang menggunakan teknologi AVS (adaptive variable suspension).

AVS membuat suspensi dapat mengontrol respons mobil terhadap permukaan jalan secara otomatis. Hal ini tentunya membuat pengemudi lebih mudah mengendalikannya dalam berbagai kondisi jalan.

4. Diferensial Toyota GR Supra Sudah Dilengkapi LSD

Ditawarkan Rp2,2 Miliar, Ini Kehebatan Toyota GR Supra yang Dijual di Indonesia 04

Gardan LSD

Guna lebih memperkuat drivability, gardan atau diferensial mobil ini sudah dilengkapi dengan teknologi Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol secara elekronik. Fitur ini diketahui mampu membuat mobil meluncur mulus saat di tikungan, dan segera bisa dipacu begitu berada pada track yang lurus.

Fitur LSD ini sangat diperlukan mengingat keputusan para engineer untuk tetap mempertahankan performa yang dihasilkan oleh mesin turbonya tersebut.

5. Toyota GR Supra Dibenamkan Mesin 3.0L Turbocharger yang Sangat Bertenaga

Ditawarkan Rp2,2 Miliar, Ini Kehebatan Toyota GR Supra yang Dijual di Indonesia 05

Toyota GR Supra dibenamkan mesin 3.0L turbocharger

Seperti yang bisa kalian lihat, Toyota GR Supra disematkan mesin 6-silinder segaris, 24-Valve DOHC, Chain Drive with Variable Valve Timing (IN/EX), dengan Twin-scroll Turbocharger, yang dapat memeras tenaga hingga 340 PS @5.000-6.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 495 Nm @1.600-4.500 rpm.

Agar mobil bisa melaju sesuai dengan keinginan sang pengendara, maka mesin tersebut dikawinkan transmisi otomatis 8-percepatan sebelum ditranslasi ke penggerak roda belakang (RWD).

Tidak hanya berhenti di situ saja, Toyota mencoba memberikan desain berbeda pada posisi mesin. Mesin Toyota GR Supra diposisikan sejauh mungkin ke belakang untuk meningkatkan pengalaman berkendara. Maksud lain dari penempatan mesin lebih ke belakang juga demi mendapatkan optimalisasi pusat gravitasi untuk distribusi bobot depan belakang menjadi 50:50.

Kesimpulan

Sebagai suksesor Supra MK IV atau Supra A80, Toyota GR Supra meneruskan legenda sportcar Toyota di dunia. Overall bagi kami mobil ini sanggup menunjukan sebuah jati diri Supra yang kencang, stabil serta ‘fun to drive’.

Namun sayang, dengan harga baru yang dibandrol Rp2,2 miliar Toyota Supra GR belum memiliki fitur keselamatan serta keamanan yang lebih canggih dibandingkan beberapa model Toyota lainnya. Selain itu, mobil ini juga belum mendukung fitur keselamatan pintar Toyota berupa Toyota Safety Sense (TSS) yang banyak dipakai di mobil penumpang Toyota.

Baca juga: Toyota Supra yang Dikendarai Mendiang Paul Walker di Film Fast and Furious Terjual Rp7,9 Miliar. Apa yang Didapat Pembeli?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Supra 3.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil