Toyota Land Cruiser GR Sport Diincar untuk Jadi Amunisi Baru Balap Off-Road

Wilko · 12 Jun, 2021 08:00

Toyota Land Cruiser GR Sport 2022

Toyota baru saja meluncurkan mobil tangguh model terbaru SUV Land Cruiser 300 Series. Dan bersamaan dengan itu, diperkenalkan pula Toyota Land Cruiser GR Sport.

Tampilan yang macho dan tubuh kekar yang dimiliki memberikan gambaran bahwa Land Cruiser sebagai salah satu mobil off-road tangguh di dunia akan semakin menarik jika disentuh paket GR Sport.

Land Cruiser GR Sport menjadi model terbaru dari GR Sport series Toyota. Sebelumnya juga ada Raize GR Sport lalu ada model GR lain seperti GR Supra, GR8, dan GR Yaris. Sebagai informasi, GR Sport series hanya merupakan paket aksesoris tambahan dari model standar, sementara GR series adalah paket tuning dari Gazoo Racing.

Baca juga : Toyota Land Cruiser 300 Dirilis, Pakai Mesin V6 Turbo dan Bodinya Jauh Lebih Ringan

Toyota Land Cruiser GR Sport 2022

Land Cruiser GR Sport saat dites melibas medan gurun

Pakai Emblem "TOYOTA" dan Warna Serba Hitam

Pada sisi eksterior, part paling menonjol dari odel GR Sport di Land Cruiser 300 ini adalah bagian gril. Kesan gelap yang disematkan pada gril Land Cruiser GR Sport semakin menunjukan karakter off-roadnya. Berbeda dengan gril yang dipasang pada Land Cruiser 300 standar dengan bilah horizontal beraksen chrome.

Land Cruiser GR Sport juga tidak mengenakan logo Toyota, tapi ia menggunakan tulisan lengkap "TOYOTA" yang melebar dan diapit trim krom tebal dengan lencana GR Sport yang memberikan harmoni di bagian moncong mobil. Bagian kisi-kisi udaranya mengembalikan aura model lama seperti yang digunakan FJ40, LC80 atau seri LC70.

Perubahan menarik lainnya yang juga di didominasi warna hitam antara lain bemper depan, fender moulding, kaca spion samping, step board, dan gagang pintu. Ia juga menggunakan velg baru berwarna hitam palang enam dengan desain unik.

Land Cruiser GR Sport

LC GR Sport bersanding dengan LC 300

Meskipun hanya tambahan aksesoris dari model standar, aksen hitam yang kuat memberikan daya tarik pada SUV GR Sport ini jadi lebih sporty dan kokoh.

Baca juga : Beda Harga Rp 12 Jutaan, Apa Sih Bedanya Toyota Raize GR Sport Dengan yang Biasa?

Punya Sistem Entertainment Khusus

Tidak ada bocoran soal interiornya, tetapi sebagai model ekslusif, kemungkinan ia mendapatkan bordiran logo GR pada beberapa titik interior. Pengemudi juga akan mendapat jok balap yang memberikan keamanan dan kenyamanan lebih pada saat melibas medan berat.

Toyota Land Cruiser GR Sport juga mendapatkan tambahan cluster eksklusif dan sistem infotainment berbeda dari model LC 300. Hal ini akan memberikan nuansa baru dan lebih modern, selain kenyamanan penumpang lewat media hiburan yang ada.

Toyota Land Cruiser GR Sport

Didukung suspensi berteknologi baru

Kaki-Kaki Pakai Teknologi Baru

Informasi mengenai kaki-kaki Land Cruser GR Sport juga minim, padahal ini menjadi bagian penting bagi sebuah mobil off-road. Namun kabarnya suspensi yang dimiliki mobil ini memiliki spek sedikit di atas model LC 300 standar. Antara lain sistem pegasnya bisa disetel untuk berbagai medan, agar mampu meredam getaran kuat saat melibas medan berat.

Sebagai referensi, suspensi LC 300 standar dilengkapi dengan Electronic Kinetic Dynamic Suspension System baru yang mampu meningkatkan performa off-road dengan menonaktifkan stabilizer bar depan dan belakang secara efektif.

Selain itu, ada sistem Multi-Terrain Monitor dan Multi-Terrain Select, yang keduanya semakin meningkatkan kemampuan off-road SUV ini. Jadi bisa saja Land Cruiser GR Sport juga mendapatkan deretan teknologi tersebut.

Toyota Land Cruiser GR Sport Diincar untuk Jadi Amunisi Baru Balap Off-Road 05

Ilustrasi mesin Land Cruiser Standar

Baca juga : TOM's Sediakan Paket Modifikasi Toyota GR86, Bentuknya Jadi Mirip Lexus RC F

Disediakan pada Dua Varian Mesin V6

Untuk mesin, Toyota Land Cruiser GR Sport akan tersedia dalam ada dua pilihan. Yang pertama meisn bensin V6 3.5 liter twin-turbo yang memiliki tenaga 415 PS dan torsi 650 Nm. Sementara unit satunya memakai mesin diesel V6 3.3 liter twin-turbo dengan power 309 PS dan torsi 700 Nm. Keduanya mesin dipadukan dengan gearbox otomatis 10-percepatan.

Sebagai mobil off-road, kehadirannya langsung disambut hangat tim balap Toyota Gazoo Racing (TGR) yang menginginkan model GR Sport ini juga bisa menemani mereka dalam berbagai seri balap.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Land Cruiser VX Grade

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru