window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Mobil Ini Punya Desain Keren Fitur Berlimpah dan Ada Hybrid Juga, Tapi Gak Laku di Indonesia

Prasetyo · 22 Jun, 2022 09:05

5 Mobil Ini Punya Desain Keren Fitur Berlimpah dan Ada Hybrid Juga, Tapi Gak Laku di Indonesia 01

  • Ada yang terlaris tentu ada juga mobil tidak laku di Indonesia.
  • Penjualannya nol unit, bahkan selama Januari-Mei 2022 tidak sampai 50 unit.
  • Padahal punya desain keren, fitur berlimpah, dan mesin hybrid.

Selera konsumen otomotif di Indonesia memang terkadang sulit ditebak. Satu waktu mereka akan suka pada model tertentu, sementara dimasa berikutnya mobil tersebut ditinggalkan. Belum lagi kalau muncul istilah "mobil gorengan" yang membuat semua orang memburu mobil yang dimaksud meski harganya melambung tinggi.

Nah begitu pula dengan mobil-mobil baru ini. Sebelumnya sempat berjaya di segmen masing-masing. Ada yang mampu bertengger diposisi tiga besar hatchback terlaris, ada yang sempat diprediksi jadi rival kuat duet Toyota-Daihatsu di kelas tertentu, bahkan ada yang disediakan pula pilihan mesin hybrid. Namun saat ini mobil tersebut tengah sepi peminat.

Hal ini terlihat dari ketiadaan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dilaporkan GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) periode Mei 2022. Beberapa tipe mobil tercatat penjualannya nol alias tidak ada satu pun yang dikirim ke dealer.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apa saja mobil-mobil yang tidak laku di Indonesia bulan lalu berdasarkan data GAIKINDO? Berikut lima diantaranya:

Baca juga : 7 Mobil Ini Tidak Laku di Indonesia Selama 2021, Padahal Namanya Sangat Populer

1. Mazda 3 Sedan

5 Mobil Ini Punya Desain Keren Fitur Berlimpah dan Ada Hybrid Juga, Tapi Gak Laku di Indonesia 01

Lebih stylish dari Toyota Vios atau Honda City

Sedan berpenampilan stylish ini sebenarnya amat menggoda dibanding Toyota Vios atau Honda City. Namun entah mengapa tak mampu menggaet banyak peminat. GAIKINDO mencatat per Mei 2022 wholesales Mazda 3 sedan nihil, sementara total distribusinya dari Januari-Mei tahun ini baru 4 unit.

2. Mazda 6

5 Mobil Ini Punya Desain Keren Fitur Berlimpah dan Ada Hybrid Juga, Tapi Gak Laku di Indonesia 02

Tak sebagus penjualan Toyota Camry

Masih dari sedan Mazda, kali ini Mazda 6 yang juga masuk daftar mobil tidak laku di Indonesia sepanjang bulan lalu. Bahkan jika mengintip laporan wholesales GAIKINDO, Mazda 6 hanya terdistribusi 3 unit di Januari dan 3 unit di Februari 2022, di bulan-bulan berikutnya 0.

3. MG ZS

5 Mobil Ini Punya Desain Keren Fitur Berlimpah dan Ada Hybrid Juga, Tapi Gak Laku di Indonesia 03

Penjualannya kalah banyak dari Kia Sonet

Nama legendaris MG ternyata masih belum cukup diterima oleh banyak konsumen Indonesia. Ini terlihat dari penjualan pabrikan Inggris-Cina itu yang belum terlalu signifikan. Satu diantaranya untuk model MG ZS yang bulan lalu tidak ada permintaan dari dealer. Padahal di awal tahun ini penjualannya mampu sentuh 220 unit di Januari dan Februari. Sayangnya pada bulan-bulan berikut cuma 1 unit.

Baca juga : Toyota Sienta 2021 Masuk 10 MPV Terlaris Dunia Walau Tak Laku di Indonesia, Apa Kelebihannya?

4. Suzuki Baleno

5 Mobil Ini Punya Desain Keren Fitur Berlimpah dan Ada Hybrid Juga, Tapi Gak Laku di Indonesia 04

Hatchback yang terlupakan

Sejak hadir generasi barunya bertipe hatchback, Suzuki Baleno tentu harus bersaing dengan dua nama besar yakni Toyota Yaris serta Honda City Hatchback RS. Di awal kemunculannya Baleno sanggup sejajar dengan dua rivalnya itu, namun tahun ini, penjualannya melempem. Bagaimana tidak, sejak Januari - Mei 2022 Suzuki hanya mendistribusikan 38 unit, bahkan sejak April dan Mei tidak ada pendistribusian untuk Baleno.

5. Toyota C-HR

5 Mobil Ini Punya Desain Keren Fitur Berlimpah dan Ada Hybrid Juga, Tapi Gak Laku di Indonesia 05

Desain keren dan mesin hybrid tak menjamin laris manis

Punya tampang sporty, fitur kekinian, bahkan ada pilihan mesin hybrid, ternyata tak menjamin sebuah mobil bisa laku keras di Indonesia. Itulah yang dialami Toyota C-HR. Pada Mei 2022 pendistribusiannya nol unit, bahkan sepanjang 2022 hanya tipe C-HR hybrid saja yang diminati. Total unitnya pun cuma 29. Kondisi ini kalah jauh dari Corolla Cross Hybrid yang terjual 128 unit cuma di bulan Mei.

Baca juga : Rapor Penjualan Mobil China di Indonesia Kuartal I 2022, Wuling Confero Terlaris, MG Miris

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota CHR Hybrid 1.8L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil