5 LCGC Terlaris di Indonesia Juli 2021, Tanpa Diskon PPnBM Tapi Kok Masih Diminati?

Evan · 20 Agu, 2021 15:00

5 LCGC Terlaris di Indonesia Juli 2021, Tanpa Diskon PPnBM Tapi Kok Masih Diminati? 01

LCGC terlaris di Indonesia periode Juli 2021 kembali diraih oleh Honda Brio Satya. Kemudian disusul Toyota Calya serta Daihatsu Sigra untuk posisi ketiga. Menariknya, mobil-mobil ini tetap banyak diminati konsumen di Indonesia meskipun tidak mendapatkan fasilitas diskon PPnBM.

Lalu apa saja mobil-mobil LCGC terlaris di Indonesia bulan lalu? Berikut daftarnya kami urutkan dari yang penjualannya terbanyak.

Baca Juga: Apakah mesin mobil LCGC 150 juta kurang berkinerja? Simak perbandingan Toyota New Agya dengan model lainnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1. Honda Brio Satya

5 LCGC Terlaris di Indonesia Juli 2021, Tanpa Diskon PPnBM Tapi Kok Masih Diminati? 01

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) periode Juli 2021 untuk kendaraan LCGC, Honda Brio Satya tetap jadi LCGC terfavorit dengan capaian penjualan 2.437 unit. Walaupun sebenarnya terlihat penurunan penjualan dari pabrik ke dealer sebesar 510 unit atau sekitar 17,4 persen dari bulan sebelumnya. Selain soal banderol harganya yang murah, keunggulan performa dan kehematan bahan bakar Honda Brio Satya menjadi daya tarik utama mobil ini laris di pasar LCGC

2. Toyota Calya

 

5 LCGC Terlaris di Indonesia Juli 2021, Tanpa Diskon PPnBM Tapi Kok Masih Diminati? 02

Sementara Toyota Calya di posisi kedua, justru terlihat mengalami kenaikan penjualan sebesar 9,3 persen atau setara dengan 211 unit. Dari data tersebut, penjualan total Calya mencapai 2.293 unit dari sebelumnya 2.082 unit. Tipe 1.2 G MT mewakili sebagian besar penjualan yaitu sebesar 1.523 unit. Nama besar Toyota plus keunggulan di kapasitas penumpang memberikan keuntungan bagi mobil ini berada di posisi ke-2 yang terlaris.

3. Daihatsu Sigra

 

5 LCGC Terlaris di Indonesia Juli 2021, Tanpa Diskon PPnBM Tapi Kok Masih Diminati? 03

Saudara kembar dari Toyota Calya, Daihatsu Sigra harus puas berada di tempat ketiga karena turunnya penjualan. Di bulan Juli lalu hanya terjual 1.583 unit atau turun 32,2 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 2.332 unit. Penjualan terbanyak disumbang oleh tipe 1.2 R dengan transmisi manual. Daihatsu Sigra menjadi alternatif model LCGC 7-seater yang lebih murah dibandingkan saudara kembarnya, membuat posisinya mampu berada di posisi ke-3.

4. Daihatsu Ayla

5 LCGC Terlaris di Indonesia Juli 2021, Tanpa Diskon PPnBM Tapi Kok Masih Diminati? 04

Secara mengejutkan duo sub kompak Toyota Daihatsu, Agya dan Ayla sama-sama mengalami penurunan terbesar dibanding ketiga mobil lainnya. Penjualan Ayla turun 37,1 persen dari sebelumnya di  Juni mencatatkan penjualan sebanyak 1.460 unit tapi menjadi hanya 919 unit di Juli 2021. Ayla tipe 1.0 X dengan transmisi manual menjadi penyumbang LCGC terbanyak buat Daihatsu. Alternatif mobil bekas dengan banderol harga sebanding bisa jadi membuat duo kembar pelopor LCGC ini mengalami penurunan. Namun keduanya tetap menyuguhkan kenyamanan plus efisiensi bahan bakar yang lebih menarik.

Baca Juga: Mengulas Fitur dan Kepraktisan Daihatsu Ayla.

5. Toyota Agya

5 LCGC Terlaris di Indonesia Juli 2021, Tanpa Diskon PPnBM Tapi Kok Masih Diminati? 05

Pada bulan Juni, Toyota Agya masih terjual sebanyak 1.270 unit, namun ketika bulan selanjutnya penjualan menurun drastis, dengan penjualan hanya 769 unit atau turun sekitar 39,5 persen. Tipe terlaris Agya disumbang oleh 1.2 G TRD bertransmisi otomatis. Tampaknya Toyota memang mengurangi pasokan ke dealer untuk mempersiapkan varian baru Toyota Agya GR Sport di bulan ini. 

LCGC TERLARIS JULI 2021

NO MODEL JUMLAH TERJUAL(UNIT)
1 Honda Brio Satya 2.437
2 Toyota Calya 2.293
3 Daihatsu Sigra 1.583
4 Daihatsu Ayla 919
5 Toyota Agya 769

Harga Sesuai untuk Kebutuhan Dimasa Pandemi

Segmen LCGC adalah kendaraan yang tidak menerima relaksasi PpnBM dari pemerintah. Meski begitu, harga dari mobil-mobil ini relatif lebih rendah dibanding model lainnya seperti hatchback, MPV, atau SUV. 

Budget tentu menjadi hal penting apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini. Dengan banderol Rp200 jutaan, calon konsumen bisa mendapatkan mobil baru untuk kebutuhan aktifitas harian mereka. LCGC dianggap sudah cukup dalam memenuhi kebutuhan mobilitas yang tidak terlalu banyak dibanding masa-masa sebelum pandemi. Sisa budgetnya tentu bisa disimpan konsumen untuk kebutuhan lain.

Baca Juga: Toyota Agya GR Sport Tampil Mirip dengan TRD Sportivo, Apa Istimewanya?

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru