Beranikah Honda Indonesia Gebrak Pasar Hatchback Dengan Honda City Hatchback Hybrid?

Alex · 21 Feb 2021 08:00

Honda City hatchback kian santer terdengar oleh telinga konsumen Indonesia. Bahkan yang terbaru mobil tersebut sudan nongol di Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) DKI Jakarta dengan kode CITY HB. Kabarnya mesinnya akan berkapasitas mirip dengan Honda Jazz. Lantas mungkinkah nantinya ada Honda City 2021 Hybrid?

Sebab City model sedan generasi terbaru ternyata mendapatkan mesin e:HEV, teknologi baru pada racikan hybrid kebanggaan Honda. Apakah teknologi e:HEV ini akan diboyong ke Indonesia sebagai jantung pacu City hatchback sang penerus Honda Jazz?

Yang namanya dugaan tentu tak dilarang, bukan? Apalagi di era yang tengah gencarnya pengembangan teknologi elektrifikasi seperti sekarang maka sah-sah saja bermimpi ada compact hatchback bermesin hybrid.

Jika diamati dari bocoran yang muncul dari NJKB online, bisa kita simpulkan sementara bahwa City Hatchback yang akan melenggang di Tanah Air akan dibekali mesin berkubikasi 1.500 cc.

Pihak Honda Indonesia sendiri sejauh ini belum memberi petunjuk dan tanda-tandanya untuk menghadirkan mesin e:HEV ke Indonesia. Padahal ada peluang yang bagus terhadap mesin ini.

Harusnya Honda Bikin Gebrakan?

Honda Indonesia memang memiliki riwayat dengan mesin 1.500 cc hybrid. Namun memang tak bisa dikatakan sukses. Pasalnya jika Anda ingat sebuah coupe bernama Honda CR-Z maka itulah model yang mengusung dapur pacu yang kita maksud.

Entah mungkin karena mobil tersebut yang datang secara CBU membuatnya harganya tak murah atau karena segmennya terlalu niche yang membuatnya harus disuntik mati. Namun teknologi mesinnya justru relevan dengan saat ini.

Andai saja mesin e:HEV nantinya dijejali ke City Hatchback versi Indonesia maka akan jadi gebrakan baru di kelas yang dihuni Toyota Yaris tersebut.

Apalagi belakangan ini pemerintah sudah mulai menaruh perhatian pada mobil elektrifikasi seperti hybrid dan full EV. Bukan tak mungkin Hity hatchback bermesin e:HEV tersebut bisa mendapat skema keringanan pajak karena ramah lingkungan.

Terlepas dari pertaruhan laku atau tidaknya City hatchback hybrid tersebut, tentu kita perlu angkat topi pada Honda karena berani menyajikan mobil ramah lingkungan di sebuah kelas yang cukup ramai peminatnya. 

Namun jika berhasil dan laku, maka hal itu akan jadi edukasi yang sangat baik dalam menggiring masyarakat Indonesia dalam menuju budaya mobil listrik. Tentu mimpi di siang bolong ini hanya PT Honda Prospect Motor saja yang bisa mewujudkan. 

Honda City Hatchback atau Sedan?

Honda City generasi terbaru memang cukup menghebohkan dunia. Selain karena kehadirannya dalam varian hatchback sebagai pengganti Jazz untuk kawasan Asia Tenggara, namun model sedannya sendiri juga tampil memukau.

Di Indonesia sendiri nama City memang dikenal sebagai small sedan pesaing Toyota Vios. Lantas apakah model sedan generasi barunya harus muncul juga di generasi baru nanti?

Tentu idealnya perlu juga Honda Indonesia merilis sekalian model sedannya. Hal ini demi sekaligus menyegarkan kembali segmen small sedan yang cukup baik digenggam oleh Honda di Tanah Air walau volume segmennya sendiri cukup kecil.

Namun untuk versi hatchback memang layak untuk dinanti. Karena varian ini akan tertulis sebagai "Minibus" di STNK yang membuatnya punya pajak tak semahal sebuah sedan.

Well, semoga saja bocoran di NJKB hanya sebagian kecil yang sebenarnya belum terungkap. Jangan-jangan memang nantinya telah disiapkan varian 1.000 cc turbo.

Atau jangan-jangan peluncurannya masih lama? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Komentar