City Car Rp150 Jutaan, Pilih Suzuki Karimun Wagon R GS AGS atau Toyota Agya G MT TRD?

Enda · 13 Jul, 2021 20:00

City Car Rp150 Jutaan, Pilih Suzuki Karimun Wagon R GS AGS atau Toyota Agya G MT TRD? 01

Toyota Agya G MT TRD vs Suzuki Karimun Wagon R GS AGS

Selain pabrikan tiga oval dengan Toyota Agya nya, produsen otomotif berlogokan ‘S’ juga turut menyuguhkan Suzuki Karimun Wagon R untuk city car Rp150 jutaan. Melihat lebih spesifik, Suzuki Karimun Wagon R GS AGS menurut situs resminya kini dibandrol Rp152,5 juta. Sedangkan Toyota Agya G MT TRD dipatok dengan harga yang sedikit lebih mahal, yaitu Rp154,5 juta.

Meskipun keduanya ini ditawarkan dengan harga yang bisa dibilang sepadan, perlu kalian ketahui bahwa Karimun Wagon R GS AGS dan Agya G MT TRD memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Sebelum kalian memutuskan untuk memilih salah satu dari keduanya, sebaiknya simak lebih dulu ulasan mengenai Karimun Wagon R GS AGS dan Agya G MT TRD di bawah ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc, Nggak Layak Untuk Dibeli?

Eksterior Toyota Agya G MT TRD Lebih Sporty Dari Suzuki Karimun Wagon R GS AGS

City Car Rp150 Jutaan, Pilih Suzuki Karimun Wagon R GS AGS atau Toyota Agya G MT TRD? 02

Toyota Agya G MT TRD

Pada Maret 2020, PT Toyota Astra Motor memberikan penyegaran terhadap Agya yang merupakan city car terjangkaunya saat ini. Toyota Agya G MT TRD kini mendapat wajah yang terlihat lebih sporty berkat penggunaan bumper model trapezoid dengan tampilan menyudut, yang disertai sentuhan warna Black Chrome Element.

Bukan cuma itu saja, sistem pencahayaannya juga mendapatkan New Black Paint for Elegant Headlamp with LED yang diselimuti projector Guide yang terlihat lebih atraktif. Bagian samping mobil ini pun terlihat semakin mewah dengan penggunaan velg baru model kipas serta adanya spion anyar yang lebih lebar.  

Melihat bagian belakang, Agya G TRD ini berhasil tersematkan stop lamp New Impressive Design Rear bermodelkan “reverse L-shape” dengan tampilan yang modern dan stylish dengan sedikit ubahan di sektor reflektornya. Layaknya disuntik steroid, bumper belakangnya pun kini terlihat lebih kekar dan sporty.

City Car Rp150 Jutaan, Pilih Suzuki Karimun Wagon R GS AGS atau Toyota Agya G MT TRD? 03

Suzuki Karimun Wagon R GS AGS

Tidak ingin kalah dengan rivalnya, sebagai varian teratas Suzuki Karimun Wagon R GS AGS juga terlihat atraktif dan sporty. Seperti yang bisa dilihat, pada fascianya mobil ini sudah berhasil disematkan lampu utama bermodelkan projector yang tajam.

Agar lebih memperlihat kesan sporty, ram di bumpernya ini dibuat besar dengan gaya desain trapezoid. Grillnya yang berada di tengah pun dibentuk seolah terhubung dengan lampu utamannya yang juga terlihat mewah berkat dilaburnya lapisan krom.

Menengok bagian sampingnya, menurut kami Karimun Wagon R GS AGS terlihat biasa saja. Hanya saja kalian bisa menjumpai adanya side skirt, side moulding serta lebih velg R14 model palang.

Melihat daripada bagian belakangnya, Karimun Wagon R GS AGS terlihat lebih kalem dibandingkan Agya G TRD. Begitupun pada sistem pencahayaan di belakang mobil ini masih mengandalkan bohlamp biasa.

Dimensi Suzuki Karimun Wagon R GS AGS Apakah Lebih Besar Dari Toyota Agya G TRD? 

City Car Rp150 Jutaan, Pilih Suzuki Karimun Wagon R GS AGS atau Toyota Agya G MT TRD? 04

Melihat dari luar, Toyota Agya G TRD terlihat lebih kecil dibandingkan Suzuki Karimun Wagon R GS AGS. Secara data di atas kertas, Agya ini memiliki panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm. Sedangkan Karimun Wagon R memperoleh panjang 3.600 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.670 mm.

Soal tinggi mobil, Karimun Wagon R GS memang lebih unggul dibandingkan Agya. Namun tidak dengan panjang dan lebarnya.

Dengan style boxy, Wagon R GS terlihat begitu lapang bila berada didalamnya. Hal ini dikarenakan bagian headroom dan legroom memang lebih luas dibandingkan rivalnya tersebut.

Tentu dengan kabin yang begitu lapang, membuat penumpang dan pengemudi merasa semakin nyaman ketika berkendara.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car

Adu Fitur Toyota Agya G MT TRD Vs Suzuki Karimun Wagon R GS AGS, Menang Mana?

City Car Rp150 Jutaan, Pilih Suzuki Karimun Wagon R GS AGS atau Toyota Agya G MT TRD? 05

Dashboard Toyota Agya G MT TRD

Mengetahui fitur daripada Toyota Agya G MT TRD, mobil ini berhasil disematkan New AC dengan tampilan digital dan New Audio 2DIN Advance Entertainment yang dilengkapi dengan sistem audio seperti, radio AM/FM, pemutar CD, dan pengontrol suara.

Sistem entertainment juga dapat dikoneksikan secara langsung dengan smartphone melalui sistem Bluetooth. Saat melakukan perpindahan lagu serta mengatur volume suara, pengemudi tidak perlu direpotkan. Mengingat fitur Audio Steering Switch telah menempel pada setir kemudi.

Baik fitur keselamatan dan keamanan, Toyota Agya G TRD sudah diudukung dual SRS airbags sebagai fitur keselamatan standar untuk mengurangi benturan keras saat terjadinya tabrakan. Bagian dinding mobil terdapat side impact beam yang berguna untuk mengurangi resiko cedera jika mengalami benturan dari samping. 

Untuk mencegah ban terkunci saat melakukan rem secara mendadak, Toyota menyematkan fitur Anti-Lock Braking System (ABS) pada varian ini. Dengan begitu kemungkinan tabrakan bisa dapat dicegah.

Bicara soal keamanan, mobil ini juga didukung dengan tombol start/stop engine, dan keyless entry. Dengan begitu untuk menghidupkan mesin kalian hanya tinggal menginjak pedal rem dan menekan tombol start stop engine di sisi kanan dashboard.

City Car Rp150 Jutaan, Pilih Suzuki Karimun Wagon R GS AGS atau Toyota Agya G MT TRD? 06

Dashboard Suzuki Karimun Wagon R GS AGS

Mengetahui rivalnya, Suzuki Karimun Wagon R GS AGS hanya mendapatkan fitur berupa head unit single din. Tidak seperti Agya, tombol pengaturan AC mobil ini masih menggunakan model knob.

Karimun Wagon R AGS juga belum dilengkapi audio control steering dan spion elektrik. Untuk memberikan perlindungan terhadap pengemudi dan penumpang depan, mobil ini dilengkapi dual airbag saja.

Demi memberikan keamanan kepada penggunannya, fitur immobilizer, keyless entry dan alarm sudah bisa kalian temukan pada varian ini.

Oh iya, Suzuki Karimun Wagon R AGS ini memiliki under seat tray atau tempat penyimpanan tambahan di balik kursi pengemudi depan. Dengan adanya penyimpanan cerdas, kalian bisa meletakan barang bawaan secara tertata.

Toyota Agya G MT TRD Punya Jantung Pacu yang Lebih Besar Suzuki Karimun Wagon R GS AGS

City Car Rp150 Jutaan, Pilih Suzuki Karimun Wagon R GS AGS atau Toyota Agya G MT TRD? 07

Mesin 3NR-VE 1.200 cc Toyota Agya G MT TRD

Masuk dalam varian teratas, Toyota Agya G MT TRD memperoleh mesin berkodekan 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i 4-silinder segaris berkubikasi 1.197 cc yang mana menurut data di atas kertas, mampu melecutkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm.

Agar mobil bisa berjalan, jantung pacunya tadi dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan yang kemudian diarahkan ke penggerak roda depannya.

Sebagai infromasi, Agya G MT TRD ini sudah dilengkapi dengan fitur Eco Driving yang bisa memberikan tingkat konsumsi bahan bakar lebih irit lagi. Ketika pengetesan dilakukan dalam kecepatan yang konstan, mobil ini mampu mencatat angka 19.3 km/liter ketika melaju di jalan bebas hambatan.

Berbeda ketika digunakan di dalam kota yang notabene sering kali melakukan stop and go, konsumsi mobil ini mencapai angka 15 km/liter.

City Car Rp150 Jutaan, Pilih Suzuki Karimun Wagon R GS AGS atau Toyota Agya G MT TRD? 08

Mesin Suzuki Karimun Wagon R GS

Punya mesin lebih kecil dari Agya G MT TRD, Suzuki Karimun Wagon R GS AGS ditanami jantung mekanis berkode K10B 3-silinder segaris 998 cc dengan teknologi injeksi yang memproduksi tenaga sebesar 68 PS @6.200 rpm dan torsi 90 Nm @3.500 rpm. Sebelum tenaga yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda depan, varian ini memperoleh transmisi matic AGS yang menganut sistem transmisi auto gear shift.

Mesinnya juga cukup responsif pada awal putaran bawah. Berdasarkan pemakaian dalam kondisi berkendara di kecepatan rata-rata 80 km/jam konsumsi BBM-nya dapat tembus 22,8 km/liter.

Kesimpulan

Sebagai varian teratas, Suzuki Karimun Wagon R GS AGS dibandrol lebih murah Rp3 jutaan dari Toyota Agya G MT TRD. Melihat daripada keduanya, Agya memiliki fitur lebih lengkap, tenaga lebih besar, serta tampilan yang lebih sporty. Meski begitu, Karimun Wagon R GS AGS terasa lebih nyaman karena memiliki kabin yang terasa lebih luas.

Kenyamanan lainnya, Karimun Wagon R GS AGS ini mendapatkan transmisi otomatis AGS. Berbeda dengan Toyota Agya G MT TRD yang menggunakan transmisi manual.

Baca juga: Ingin Beli Toyota Agya? Ketahui Kelebihan serta Kekurangan Kondisi Baru dan Bekasnya

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota 2020 Agya 1.0L G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru