window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dipermalukan Daihatsu Hijet 1000, Toyota Kijang Krista Gak Kuat Naik Lewat Tanjakan Krakalan

Enda · 27 Jan, 2022 18:00

Tanjakan Krakalan

Daihatsu Hijet 1000 dengan mudah melewati tanjakan Krakalan
  • Viral, Toyota Kijang Krista dipermalukan Daihatsu Hijet 1000 di tanjakan
  • Daihatsu Hijet 1000 dengan mudahnya menakhlukan tanjakan Krakalan 

Tanjakan Krakalan yang berada di Dieng, Jawa Tengah memang terkenal akan tingkat kecuramannya cukup tinggi. Dilain sisi, jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Batang dengan Kabupaten Banjarnegara via Bawang ini banyak menyuguhkan pemandangan nan elok. Tak khayal apabila kini banyak pengguna kendaraan roda empat ataupun roda dua dari berbagai daerah menggunakan jalan ini untuk dapat sampai ketujuan.

Tanjakan Krakalan

Daihatsu Hijet 1000 bersiap melewati pos pengawalan Kralakan

Namun apabila kalian berniat melewati jalan ini dengan membawa penumpang penuh atau beban yang berat, sebaiknya diharuskan lebih berhati-hati. Pasalnya kejadian seperti gagal nanjak seringkali terjadi ditanjakan ini.

Baca juga: 7 Fitur Unik di Hyundai Creta 2022, Ada yang Setara Mobil Harga Miliaran

Tanjakan Krakalan

Toyota Kijang Krista tidak sanggup melewati tanjakan Krakalan dengan mudah

Seperti video yang banyak diunggah melalui kanal Youtube Zona Krakalan, tak sedikit mobil pribadi berpenggerak roda depan (FWD) maupun roda belakang (RWD) mengalami gagal nanjak. Namun baru-baru ini warga netizen kembali dihebohkan dengan sebuah video yang diupload oleh channel tersebut dimana terdapat Toyota Kijang Krista di menit 14:38 tidak kuat menanjak dan terhenti tepat di depan pos relawan tanjakan Krakalan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tanjakan Krakalan

Daihatsu Hijet 1000 dengan mudahnya melewati tanjakan Krakalan

Padahal pada menit sebelumnya di 9:01 terlihat bahwa Daihatsu Hijet 1000 yang notabennya adalah mobil tua lansiran tahun 80-an, dengan mudahnya menakhlukan tanjakan yang viral tersebut.

Memang di dalam video terlihat bahwa Toyota Kijang Krista diisi dengan penumpang yang cukup banyak hampir menyentuh kapasitas maksimalnya. Sedangkan Daihatsu Hijet 1000 hanya diisi pengemudi dan penumpang disampingnya.

Baca juga: Wuling Hongguang Mini EV Dibongkar Teknisi Jepang, Temuan Komponennya Mengejutkan

Hal yang Menyebabkan Mobil Hilang Tenaga Saat Menanjak

Tanjakan Krakalan

Faktor penyebab mobil gagal menanjak

Mobil seperti hilang tenaga saat menanjak tentunya disebabkan oleh banyak hal. Untuk itu sebelum berkendara sebaiknya perhatikan apa saja faktor yang bisa menyebabkan mobil gagal menanjak.

1.  Beban Bawaan

Kendaraan dengan membawa beban yang cukup berat tentunya akan sedikit menyulitkan pengemudi khususnya disaat menanjak. Dalam kondisi seperti itu, pengemudi diwajibkan untuk mengambil ancang-ancang lebih jauh dari bawah untuk dapat sampai di puncak. Jika dirasa masih berat, tentunya pengemudi diharuskan menurunkan terlebih dahulu beban bawaan atau penumpang supaya bisa melewati tanjakan.

2. Banyak Terdapat Kotoran Pada Filter Bahan Bakar

Umumnya filter bahan bakar memiliki interval service kapan harus diganti. Jika filter bahan bakar tidak diganti untuk waktu yang lama, pada akhirnya partikel dan endapan dari tangki bensin akan menumpuk dan menyumbat filter sehingga membatasi aliran bahan bakar menuju mesin. Apabila hal tersebut terjadi, tentunya mobil seperti kehilangan tenaga.

3. Filter Udara Tersumbat

Tanjakan Krakalan

Filter udara mobil kotor

Selain membutuhkan bahan bakar yang bersih, mesin juga membutuhkan udara bersih untuk dicampur bersama agar mesin tetap bertenaga. Jika kalian memiliki filter udara kotor yang tidak dapat mencegah debu masuk ke ruang bakar internal, maka kotoran ini dapat merusak mesin. Tanpa filter yang baik, mesin tidak akan memperoleh performa maksimal sehingga mobil tidak kuat untuk menanjak.

4. Injektor yang Tersumbat

Injektor biasanya bertahan cukup lama, tetapi bisa tersumbat karena usia atau kualitas bahan bakar yang buruk. Hal utama yang menyebabkan ialah karena filter bahan bakar kotor.

Apabila injektor tersumbat, maka akan bisa mempengaruhi pola semprotan dan kemampuan injektor untuk menyemprotkan bahan bakar. Bahkan jika berhenti bekerja, tidak ada bahan bakar yang akan mencapai ruang bakar dan tidak ada daya yang dihasilkan pada langkah pembakaran tersebut. 

5. Busi Tidak Bisa Bekerja Secara Maksimal

Seiring dengan lamanya jangka pemakaian kendaraan, busi akan mengalami penurunan performa. Jika daya letupnya berkurang, maka pembakaran di ruang bakar tidak akan maksimal. Kejadian seperti ini merupakan siklus pembakaran yang sia-sia dimana tidak ada daya yang dihasilkan, sehingga mesin tidak akan memiliki tenaga yang cukup untuk beroperasi.

6. Ban Kempes

Kurangnya tekanan angin pada ban menjadi salah satu penyebab mobil gagal menanjak. Hal tersebut dikarenakan beban mobil menjadi berat yang mengakibatkan mesin mobil harus berkerja lebih ekstra.

Daihatsu Hijet 1000 Terkenal Unggul Ditanjakan

Tanjakan Krakalan

Daihatsu Hijet 1000 terkenal unggul ditanjakan

Dibekali mesin berkapasitas 993 cc 3-silinder segaris OHC berkodekan CB20 yang sama seperti digunakan Daihatsu Charade, Hijet 1000 dapat menghasilkan tenaga hingga 47 bhp pada 5.600 rpm. Untuk dapat berjalan, mobil ini dikawinkan transmisi manual 4-percepatan (4 maju, 1 mundur). Lewat forumnya, menyebutkan bahwa Daihatsu Hijet 1000 memang terkenal unggul ditanjakan. Untuk spare partnya sendiri juga terbilang murah dan mudah ditemukan di seluruh penjuru Nusantara.

Baca juga: India Bakal Wajibkan Mobil Baru Punya 6 Airbag, Nah di Indonesia Cuma Sabuk Pengaman dan APAR!

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Hi Max STD

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil