Komparasi Sedan Jepang Setengah Miliar Rupiah, Mana Lebih Keren antara Honda Civic 2021 vs Toyota Corolla Altis 2021?

Yongki Sanjaya · 8 Jan, 2021 16:51

Di Indonesia, nama besar Honda Civic Turbo 2021 cukup populer karena desainnya yang agresif. Bahkan, cukup banyak penggemar garis kerasnya. Dengan rentang harga Rp 500 jutaan, rival sepadan dari Honda Civic 2021 ini hanyalah Toyota Corolla Altis.

Kedua sedan medium dari merek Jepang ini memang sudah bersaing sejak tahun 1970-an. Hingga kini, keduanya masih bersaing menjadi yang paling 'mewah'. Sebagai rival abadi di segmen sedan, tentunya akan sangat menarik jika membandingkan kedua mobil tersebut.

Toyota Corolla Altis hadir dalam tiga tipe dengan harga masing-masing sebagai berikut:

  • G AT Rp 491.900.000
  • V AT Rp 513.500.000
  • Hybrid AT Rp 591.600.000

Sementara untuk Honda Civic 2021 versi sedan hanya tersedia dalam satu tipe yaitu All New Honda Civic 1.5L VTEC Turbo. Sedan ini dijual seharga Rp533.000.000.

Adu Nyaman di Interior, Honda Civic 2021 vs Toyota Corolla Altis 2021

Masuk ke dalam sisi interior Honda Civic 2021, kita disuguhi warna hitam dengan aksen kayu dan silver. Kombinasi ini menciptakan perpaduan yang sporty dan elegan didalamnya. 

Kemudinya dibuat praktis melalui tombol pengaturan audio di kiri dan cruise control di kanan. Tak lupa ada paddle shift yang menambah sensasi sporty untuk perpindahan gigi saat berkendara. 

Panel instrumen layar TFT MID dengan dial tengah yang besar memberikan informasi kondisi berkendara. Di bagian samping setir terdapat tombol start / stop mesin dan tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Vehicle Stability Assist (VSA).

Konsol tengah adalah head unit berbasis Android 7 inci, yang dilengkapi koneksi Wifi, Bluetooth, Tethering, dan USB. Ada 6 speaker, yaitu 4 speaker utama yang terbagi di depan dan belakang, serta 2 tweeter di pintu depan.

Makin berkelas, joknya dilapisi kulit dan sudah mendukung ISOFIX. Setting AC digital dengan tombol fisik dan sudah otomatis, kemudian untuk airbag Civic ada 6 buah.

Untuk bagian belakang terdapat ventilasi AC dan tersedia 6 konsol cup holder. Bicara kapasitas bagasi, Honda Civic punya kapasitas 492 liter.

Interior Corolla Altis Lebih Futuristik? 

Toyota Corolla Altis memiliki interior berwarna hitam dengan aksen silver yang membuatnya semakin sporty. Desain dashboard juga telah berubah total dan pada instrument cluster untuk varian V dan Hybrid memakai full TFT display sedangkan untuk varian G TFT display hanya ada di MID.

Berbeda dengan pesaingnya, Corolla Altis juga memiliki Head-up Display hanya untuk varian V dan Hybrid. Di kolom setir kiri untuk pengaturan audio dan MID sedangkan di kanan untuk cruise control (varian V dan Hybrid). 

Untuk varian hybrid terdapat tombol tambahan yaitu Adaptive Cruise Control, Lane Departure Warning dan pengaturan Toyota Safety Sense lainnya. Sama seperti Civic, Corolla kini memiliki paddle shift, namun ini hanya untuk varian V dan Hybrid.

Fitur Hiburan Toyota Corolla Altis vs Honda Civic Sedan

Tak lengkap rasanya jika tidak membandingkan fitur hiburan yang disematkan di keduanya. Untuk Toyota Corolla Altis generasi ke-12 kini dibekali head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Head unit dapat dihubungkan ke Apple CarPlay dan Android Auto, Bluetooth, USB, AUX, Mirrorlink, dan sistem navigasi.

Sedangkan untuk Honda Civic dibekali head unit layar sentuh berukuran 7 inci. Head unit ini mampu mengakomodasi Koneksi Wireless Smartphone, Bluetooth, Wifi Tethering, HDMI, USB, AUX, dan sistem navigasi.

Adu Performa, Honda Civic 2021 Ungguli Toyota Corolla Altis 2021

Honda Civic ini hadir dengan mesin 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo yang mampu memproduksi tenaga hingga 173 ps pada 5.500 rpm.

Kemudian torsi puncaknya menembus 220 Nm pada putaran mesin 1.700-5.500 rpm. Tenaga mesin disalurkan oleh transmisi CVT khas Honda dengan Earth Dreams Technology.

Toyota Corolla Altis Kalah Tenaga?

Untuk Toyota Corolla Altis, dibekali mesin bensin 1.8 liter Naturally Aspirated yang mampu menghasilkan tenaga 138 hp dan torsi 167 Nm. Mesin tersebut kemudian dipadukan dengan sistem transmisi CVT 7 percepatan. 

untuk Corolla Altis Hybird, menggunakan mesin yang sama dengan C-HR dan Prius Gen-4 berkode 2ZR-FXE. Mesin tersebut sanggup memproduksi tenaga sebesar 95 PS pada 5.200 rpm dan torsi 14,47 Kgm di 4.000 rpm. Motor listriknya, menghasilkan tenaga 72 PS dan torsi 16,62 Kgm.

Dalam hal ini, Honda Civic dengan adanya turbo membuatnya lebih hebat dari sisi performa. Namun bila dikomparasi dengan Altis Hybrid, maka Civic kalah 'canggih' walaupun memang tenaganya juga tetap lebih unggul. 

Kesimpulan 

Bicara soal performa jelas Civic Sedan lebih unggul karena adanya turbo yang menambah tenaga begitu besar. Namun, Toyota lebih advance soal teknologi karena menyediakan varian hybrid pada Altis.

Secara kategori, Altis menyediakan opsi yang cukup lengkap. Bahkan, Toyota juga menyediakan opsi hybrid yang menjadi simbol 'mobil mahal' pada Altis. Namun bila mengejar performa, maka Honda Civic jelas unggul.

Komentar