window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Mesin Diesel Isuzu Panther dengan Toyota Kijang Innova

Alex · 13 Mei, 2020 13:00

Perbandingan Mesin Diesel Isuzu Panther dengan Toyota Kijang Innova 01

Jika kita bicara mengenai MPV bermesin diesel memang tidak banyak lagi yang saat ini tersedia di pasaran. Saat ini MPV yang cukup ramai diminati dengan spesifikasi mesin diesel hanya tersisa Isuzu Panther dan Toyota Kijang Innova diesel.

 

Keduanya memang tergolong produk yang long lasting eksistensinya di tanah air. Namun bedanya, Isuzu Panther Indonesia tak pernah ganti generasi dari dulu sampai sekarang. Sedangkan New Kijang Innova sudah berganti-ganti model menyesuaikan zaman dan permintaan konsumen.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bicara soal mesin diesel masing-masing mobil ini memang sangat seru. Sebab, jenis mesin ini memang terkenal akan durabilitasnya yang baik sekaligus irit bahan bakar.

Untuk itu dalam artikel ini akan kita bahas mengenai perbandingan mesin penenggak solar milik Isuzu Panther dengan kepunyaan Toyota Kijang Innova terbaru diesel. Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah mengenai kapasitas silindernya.

Isuzu mengandalkan mesin diesel dengan kapasitas 2.500 cc untuk Panther. Sedangkan Toyota pakai mesin berkubikasi lebih kecil, tepatnya 2.400 cc. Lantas apakah dari sini bisa disimpulkan bahwaNew Kijang Innova tenaganya lebih rendah?

Ternyata tak bisa sampai situ menyimpulkannya. Sebab ternyata harus kita lihat pula berbagai perangkat pendukung dapur pacunya. Keduanya sama-sama dibekali turbocharger, namun mesin Panther masih pakai turbo diesel konvensional.

Sedangkan Toyota Kijang Innova terbaru sudah menerapkan teknologi Variable Nozzle Turbo atau disingkat VNT pada mesin New Kijang Innova terbaru. Bahkan didukung pula dengan perangkat pendinginan intercooler. Dapur pacu New Kijang Innova terbaru yang mirip dengan kepunyaan Toyota Fortuner diesel ini bahkan bisa dibilang sebagai mesin diesel modern. Efisiensi bahan bakar sekaligus tenaga besar diklaim bisa mudah tercipta.

Sedangkan dapur pacu milik Isuzu Panter merepresentasikan kemajuan teknologinya hanya sebatas dengan penggunaan direct injection saja. Dengan teknologi tersebut, suplai solar ke ruang bakar dijanjikan lebih presisi.

Lantas bagaimana dengan tenaga yang mampu dihasilkan dari masing-masing MPV peminum solar ini? Ternyata modal mesin berkapasitas sedikit lebih besar saja tak mampu membuat Isuzu Panther mengungguli Toyota Innova terbaru.

Perbandingan Mesin Diesel Isuzu Panther dengan Toyota Kijang Innova 01

Pasalnya mesin Isuzu Panther Indonesia berkode 4JA1-L hanya mampu merilis tenaga hanya 80 ps pada 3.500 Rpm dan torsi puncaknya di angka 191 Nm pada 1.800 Rpm. Angka lebih besar bisa kita peroleh dengan di Kijang Innova.

Mesin diesel berkode 2GDFTV milik Toyota New Innova mampu merilis daya maksimum mencapai 149 ps pada 3.400 Rpm. Sedangkan torsinya bisa mencapai 359 Nm pada 2.600 Rpm saja.

Satu hal cukup mendasar yang cukup membuat Isuzu Panter tertinggal dari kompetitornya ini adalah soal transmisi, Sayang sekali Isuzu hanya menyediakan transmisi manual 5 percepatan saja. Sedangkan New Kijang Innova terbaru selain ada opsi transmisi manual, ada pula opsi transmisi otomatis 6 percepatan.

Saat ini Isuzu Panther tersedia dalam 4 varian. Harga Isuzu Panther baru termurah Rp 286,6 juta sampai yang tertinggi adalah Rp 342,3 juta. Harga Isuzu Panther ini tidak beda jauh dengan harga Isuzu Panther 2019. Sedangkan New Kijang Innova khusus bermesin diesel tersedia tersedia dalam 3 varian. Harga Kijang Innova terbaru termurah di angka Rp 355,95 juta sampai yang termahal di angka Rp 408,75 juta.

inilah ulasan perbandingan mengenai Isuzu Panther dan Toyota Kijang Innova yang lebih spesifik ke mesin mobilnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil