window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan Toyota Innova Zenix Hybrid V dan Q, Tipe Teratas Dilengkapi ADAS dan Panoramic Roof

Enda · 7 Feb, 2024 09:01

perbedaan Toyota Innova Zenix Hybrid V dan Q

Selisih harga baru mencapai Rp79 juta, perbedaan Toyota Innova Zenix Hybrid V dan Q ternyata cukup banyak, loh..

Sebagai varian teratas Innova Zenix Hybrid, tipe Q HEV CVT TSS per Februari 2024 dibandrol Rp614.750.000, sedangkan varian dibawahnya V HEV CVT diniagakan Rp535.750.000.

Sekilas antara Innova Zenix Hybrid tipe Q HEV CVT TSS dengan V HEV CVT terlihat sama.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ingin tahu perbedaan apa saja yang ada pada keduanya? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Harga Baru Selisih Rp2 Juta, Mending Toyota Innova Zenix V atau G Hybrid?

Perbedaan Toyota Innova Zenix Hybrid V dan Q, Tipe Teratas Dilengkapi Foglamp

perbedaan Toyota Innova Zenix Hybrid V dan Q

Tampilan luar Innova Zenix Q Hybrid

Berbeda dengan Toyota Kijang Innova Reborn, Innova Zenix mengadopsi platform Toyota New Global Achitecture (TNGA): GA-C bersasiskan monokok.

Seperti yang diketahui platform TNGA mampu menghasilkan nuansa kabin lebih luas berkat lantai kabin yang dibuat rata, serta jarak sumbu roda yang dipanjangkan.

Selain itu juga dengan strukur rangka baru berbasis TNGA dapat meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi berat mobil, serta mengurangi suara yang masuk ke dalam kabin mobil.

Untuk ukuran secara keseluruhan Innova Zenix memiliki panjang hingga 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, dengan wheelbase 2.850 mm.

Membawa konsep "Glamorous and Tough” pada bagian fascia kedua varian disematkan grill trapezoidal dengan tamabahan list krom yang dapat menampilkan kesan prestisius.

Untuk sistem pencahayaan keduanya menganut teknologi LED dengan bentuk pipih dan menyudut.

Bicara mengenai perbedaan antara tipe V dan Q Hybrid, varian teratasnya mobil ini dilengkapi foglamp LED di bagian bumper yang tentunya dapat meningkatkan visibilitas berkendara di malam hari.

Selain itu pula tipe ini memiliki lampu DRL LED di bumper dengan bentuk horizontal memanjang, yang diketahui juga merupakan lampu sein.

perbedaan Toyota Innova Zenix Hybrid V dan Q

Tampilan luar Innova Zenix V Hybrid

Berbeda dengan Q Hybrid, tipe V Hybrid lampu seinya dibuat menyatu dengan lampu utamanya.

Bergeser ke bagian samping, perbedaan keduanya terletak pada velg.

Dimana tipe V Hybrid dipadukan velg berukuran 17 inci yang dibungkus menggunakan ban 215/60.

Selanjutnya varian Q Hybrid,diaplikasikan lingkar roda 18 inci super chrome dengan ban 225/50.

Perbedaan lainnya di bagian samping terletak pada cover spion dimana untuk varian teratas dilabur dengan warna hitam, sedangkan tipe V Hybrid mengikuti warna bodi.

Sebagai informasi, untuk kedua tipe ini spionnya sama-sama mendukung fitur electric mirror dan auto folding atau pelipatan otomatis.

Namun tip Q Hybrid spionnya dibekali fitur blind spot monitor serta kamera 360 derajat, serta aksen krom pada handle pintu.

Sekilias tampilan belakang antara tipe V dan Q Hybrid terlihat sama seperti tidak ada ubahan yang berarti terkecuali emblem sebagai identitas.

Namun jika ditilik secara lebih detail, tipe Q Hybrid memperoleh lima titik sensor parkir, sedangkan tipe V Hybrid hanya mendapatkan empat saja.

Selain memiliki sensor parkir lebih banyak, varian teratasnya dibekali dengan power back door yang dapat membuka bahkan menutup pintu bagasi secara otomatis, hanya dengan menggunakan perintah suara.

Toyota Innova Zenix Q Hybrid Menggunakan Jok Captain Seat dan Panoramic Roof

perbedaan Toyota Innova Zenix Hybrid V dan Q

Interiro Innova Zenix V Hybrid

Melihat bagian dalam keduanya, tipe V dan Q hybrid untuk tampilan dashboard, door trim serta juga joknya menggunakan warna hitam yang dikombinasikan aksen silver di beberapa bagian.

Hanya saja untuk joknya tipe Q Hybrid dibungkus menggunakan material kulit premium.

Sebagai pembeda, tipe Q Hybrid disediakan wireless charger di konsol tengah yang dapat digunakan untuk melakukan pengisian daya pada smartphone, dengan cara meletakannya.

Tipe teratas Innova Zenix ini juga memperoleh tambahan Digital Video Recorder (DVR), serta paddle shift pada lingkar kemudi yang berfungsi untuk menambahkan dan menurunkan tingkat percepatan secara manual.

Tak hanya itu, tipe ini juga mendapatkan tombol Auto High Beam serta switch untuk menutup dan membuka pintu bagasi di bagian bawah dashboard sebelah kanan.

Baca juga: Bukan Cuma Harga, Ini Beda Fitur Toyota Kijang Innova Zenix 2023 Tipe Bensin dan Hybrid

perbedaan Toyota Innova Zenix Hybrid V dan Q

Panoramic Roof Innova Zenix Q Hybrid

Bergeser ke baris tengah, untuk joknya tipe teratas menggunakan jok model captain seat yang mendukung fitur elektrik untuk pengaturannya.

Dan menariknya, varian ini dibekali panoramic retractable roof pada atapnya yang dapat meningkatkan visibilitas sekaligus gaya berkendara.

Sebagai informasi, tipe V dan Q Hybrid disematkan head unit layar sentuh berukuran 10 inci yang mendukung format smartphone connectivity serta NFC untuk mengecek jumlah saldo pada kartu elektronik.

Ada pula layar 10 inci Dual Rear Seat Entertainment (RSE) with Internet Connection yang dapat dioperasikan secara independen pada baris keduanya, serta light illumination guna menghasilkan pandangan berkendara menjadi lebih luas sekaligus memberikan nuansa rileks.

Tipe Q Hybrid Mendapatkan ADAS

perbedaan Toyota Innova Zenix Hybrid V dan Q

Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Bicara fitur keselamatan berkendara, Innova Zenix V dan Q Hybrid berhasil dilengkapi dengan ABS+EBD+BA dan rem cakram di semua roda.

Selain itu juga terdapat Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB+BH), sensor parkir, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Untuk kantong udara tipe V Hybrid mendapat 2 airbags di depan, sedangkan Q Hybrid memperoleh 6 buah airbags yang terdiri dari dual airbags, side airbags, dan curtain side air bags (CSA).  

Selain itu, varian teratas mendapatkan corner sensor, kamera 360 derajat serta start stop button + smart entry.

Tidak hanya itu, tipe Q HV telah mendapatkan fitur keselamatan pintar yang merupakan generasi terbarunya yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Teknologi keselamatan Toyota yang mengandalkan sensor dan radar tersebut telah mencakup Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA) dan Automatic High Beam (AHB).

Jantung Pacu Tipe V dan Q Hybrid

perbedaan Toyota Innova Zenix Hybrid V dan Q

Mesin M20A-FXS

Jantung pacunya Innova Zenih V dan Q hybrid dibekali mesin M20A-FXS 4 silinder segaris Dual VVT-i berkapasitas 1.987 cc dengan siklus Atkinson yang sanggup merilis tenaga hingga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm.

Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205 Nm.

Untuk menggerakan motor listriknya, mobil ini disambungkan dengan baterai jenis Ni-MH (nickel–metal hydride) berkapasitas 1,31 kWh yang diletakan di bawah jok pengemudi dan penumpang depan.

Untuk membuatnya berjalan, keduanya dipadukan transmisi e-CVT.

Berkat penggunaan mesin baru, teknologi hybrid, transmisi CVT dengan penggerak FWD, mobil ini terasa lebih halus, hemat BBM dan responsif berkat adanya Mode Sequential Shiftmatic 10-speed.

Pada versi hybrid juga dilengkapi dengan beberapa pengaturan gaya berkendara, seperti Drive Mode (Eco, Normal, Power) dan EV Mode.

Toyota menyebutkan bahwa untuk konsumsi BBM mobil ini sanggup berjalan hingga 21 km/liter.

Baca juga: 5 Hal Menarik Toyota Kijang Innova Zenix 2023, Bikin Pemilik Reborn Berpaling

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia