window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Mobil Dinas Polisi Selain Sedan, Mulai Dari Avanza Sampai Land Cruiser

Yongki Sanjaya · 22 Jul, 2023 09:30

5 Mobil Dinas Polisi Selain Sedan, Mulai Dari Avanza Sampai Land Cruiser 01

Kepolisian Republik Indonesia tak selalu memakai sedan dalam melaksanakan tugas hariannya. Polisi tak jarang memakai mobil jenis MPV, SUV, atau bahkan double cabin saat dinas. 

Tiap provinsi pun bisa saja berbeda kebutuhan mobil dinas untuk kepolisiannya. Mobil dinas ini tentu fungsinya bermacam-macam. Ada yang untuk patroli, dukungan investigasi, atau juga dalam kegiatan penyamaran hingga penyergapan. 

Baca juga: 

Polisi Segera Hapus Penggunaan Plat Nomor RF, Kalau Masih Ada yang Pakai Berarti Bodong

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
Kelebihan Mazda6, Jadi Pilihan Polisi Untuk Mobil Dinas Daripada Honda Accord & Camry
Lantas apa saja mobil dinas Kepolisian Republik Indonesia yang umum digunakan dalam mendukung aktivitas penegakan hukum? Berikut ini ulasannya. 

1. Toyota Avanza E, Andalan Tim Buser

5 Mobil Dinas Polisi Selain Sedan, Mulai Dari Avanza Sampai Land Cruiser 01

Mobil untuk dinas kepolisian tak melulu sedan atau SUV, karena MPV sejuta umat pun tak luput digunakan untuk mendukung kegiatan polisi. Ya, Toyota Avanza lawas kini sering terlihat wira-wiri dalam aktivitas penyergapan. 

Toyota Avanza yang digunakan pun tak mencolok, yaitu berkelir hitam dan masih velg kaleng dengan dop dicat merah atau velg alloy warna hitam. Identitas polisi biasanya hanya bertuliskan SAT RESKRIM/JATANRAS dan plat nomor resmi kepolisian. 

Saat dalam pengejaran atau proses penyergapan ke tempat kejadian perkara, mobil sejuta umat ini bisa lincah bermanuver di jalan raya. 

2. Mitsubishi Triton, Mobil Dinasnya Kapolsek

5 Mobil Dinas Polisi Selain Sedan, Mulai Dari Avanza Sampai Land Cruiser 02

Dalam menjalankan tugasnya, perwira pertama yang menjabat sebagai Kapolsek biasanya mendapat mobil dinas. Umumnya, mobil dinas tersebut kini memakai Mitsubishi Triton. 

Sebagaimana diketahui, masih banyak wilayah kota kecil di Indonesia yang kondisi medan jalannya tidak mulus. Untuk itu, diperlukan mobil dinas yang tangguh di segala medan seperti double cabin. 

Mesinnya pun punya tenaga yang lumayan, karena Triton memakai mesin 2.500 cc diesel serupa dengan milik Pajero Sport. Soal ketersediaan sparepart pun tak sulit karena jaringan dealer Mitsubishi yang telah tersebar luas. 

Kemudian bak terbuka ini fungsional membawa banyak perlengkapan yang dibutuhkan, dan kadang dipakai mengangkut barang bukti atau motor korban kecelakaan. 

3. Suzuki Vitara, Mobil Dinas Polisi Andalan Kapolres

5 Mobil Dinas Polisi Selain Sedan, Mulai Dari Avanza Sampai Land Cruiser 03

Kalau Mitsubishi Triton jadi kendaraan dinas kepala polisi sektor atau kapolsek, maka Suzuki Vitara biasa dipakai untuk mobil dinasnya kepala polisi resort atau Kapolres. Secara segmentasi, SUV medium 5-Seater ini merupakan lawan sepadan dari Nissan X-Trail dan Honda CR-V.

Suzuki Grand Vitara hadir di Indonesia pada tahun 2006 dan mengalami facelift di tahun 2009 dan 2012. Pada 2009, Suzuki Grand Vitara mendapat minor facelift berupa penambahan fitur-fitur unggulan baru sekaligus memiliki varian baru bermesin J24B 2.400 cc. 

Walau mobil ini berwujud SUV, namun soal kenyamanan masih patut diperhitungkan. Suspensinya bertipe independen yang karakter bantingannya tidak terlalu keras. Ayunan suspensi Grand Vitara juga stabil dan minim limbung.

Fiturnya juga canggih untuk ukuran mobil tua, seperti spion retract, ac auto, heater, keyless, dan karena keyless maka buka kunci pintu cukup pencet tombol kecil di handle pintu.

4. Ford Ranger, Banyak Jadi Andalan Brimob dan Polantas 

5 Mobil Dinas Polisi Selain Sedan, Mulai Dari Avanza Sampai Land Cruiser 04

Untuk pasukan kepolisian khusus Brigade Mobil atau Brimob turut kebagian mobil dinas yaitu Ford Ranger. Saat berdinas, mobil ini biasanya membawa perlengkapan untuk pengamanan kerusuhan atau unjuk rasa seperti tameng, pentungan dan lainnya. 

Tak cuma korps Brimob saja yang memakai Ford Ranger, mobil ini juga jadi andalan Korps Lalu Lintas atau Korlantas untuk dinas. Paling sering, Ford Ranger ini digunakan untuk membawa motor sitaan dari razia kendaraan atau barang bukti kecelakaan. 

Spesifikasi Ford Ranger tak kalah tangguh, dibekali mesin 2.500 cc Duratorq TDi SOHC. Di atas kertas bisa melontarkan tenaga 165 hp dan torsi 308 Nm.

Toyota Land Cruiser J200, Mobil Dinas Kapolri 

5 Mobil Dinas Polisi Selain Sedan, Mulai Dari Avanza Sampai Land Cruiser 05

Bila tadi kita telah membahas soal mobil dinas para personel kepolisian hingga jabatan Kapolres, kali ini kita akan membahas mobil dari pucuk pimpinan Polri. Ya, Kapolri mendapat beberapa mobil dinas dan salah satunya yaitu Toyota Land Cruiser. 

Jendral Listyo Sigit Prabowo selain mendapat Toyota Crown, juga berhak mendapatkan mobil Toyota Land Cruiser sebagai mobil dinasnya. Land Cruiser sejak lama dikenal sebagai SUV yang tangguh serta premium. 

Mobil ini hadir dengan sederet fitur canggih yang membantu pengemudi dalam menghadapi kondisi jalan berbagai medan, mulai aspal hingga jalan ekstrem sekalipun. Untuk melibas jalan ekstrem seperti medan off road, Land Cruiser dibekali fitur multi terrain select, multi terrain monitor, crawl control, dan panoramic view monitor.

Sedangkan untuk mesinnya, Toyota Land Cruiser tunggangan Kapolri dibekali dengan mesin kode VD-FTV konfigurasi V8 32 valve berkapasitas 5,7 liter. Dari mesin tersebut dapat memproduksi tenaga sebesar 235 Ps pada 3.200 rpm. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Triton GLX MT Single Cab 2WD 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil