window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Lebih Mahal Bikin Honda Accord RS e:HEV 2024 Menang Banyak Ketimbang Toyota Camry Hybrid

Enda · 8 Des, 2023 13:02

All New Honda Accord RS e:HEV Vs Toyota Camry Hybrid

Pesaing Toyota Camry Hybrid, All New Honda Accord RS e:HEV 2024 hadir di Indonesia dengan mendapat ubahan revolusioner dibanding model sebelumnya.

Sebagai generasi ke-11 Accord, Honda Accord RS e:HEV dibandrol Rp959.900.000, sedangkan rivalnya Toyota Camry Hybrid diniagakan Rp937.400.000 OTR Jakarta.

Memiliki selisih harga baru mencapai Rp22,5 juta, keduanya mempunyai keunggulan masing-masing.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk mengetahui lebih dekat dengan keduanya, simak perbandingan dimensi, fitur dan mesin All New Honda Accord RS e:HEV 2024 dengan Toyota Camry Hybrid 2023 berikut ini.

Baca juga: 10 Hal Penting Honda Accord e:HEV 2024 yang Bikin Para Bos Rela Nyetir Sendiri

Dimensi Toyota Camry Hybrid Vs Honda Accord Hybrid

All New Honda Accord RS e:HEV

Tampilan samping All New Accord RS e:HEV

Model facelift Toyota Camry Hybrid diluncurkan di Tanah Air pada Oktober 2021.

Sedan premium pabrikan tiga oval yang menggendong teknologi eletrifikasi ini dibangun menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) dengan menghasilkan keleluasan kabin serta beban lebih ringan yang berdampak pada penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Secara dimensi Camry Hybrid memiliki panjang 4.885 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.445 mm dan wheelbase 2.825 mm.

Bicara All New Accord RS e:HEV, mobil yang meluncur secara global pada November 2022 tersebut untuk dimensi keseluruhan mencapai 4.962 mm, lebar 1.862 mm, 1.449 mm, dan wheelbase 2.830 mm.

Sedikit menarik kesimpulan, untuk dimensi secara keseluruhan All New Accord RS e:HEV lebih besar dari Camry Hybrid.

Memiliki dimensi lebih besar, harusnya All New Accord RS e:HEV lebih nyaman saat dikendarai.

Dimensi
Keterangan All New Honda Accord RS e:HEV Toyota Camry Hybrid
Panjang 4.962 mm 4.885 mm
Lebar 1.862 mm 1.840 mm
Tinggi 1.449 mm 1.445 mm
Wheelbase 2.830 mm 2.825 mm

Fitur All New Honda Accord RS e:HEV 2024 Lebih Komplit Ketimbang Toyota Camry Hybrid

All New Honda Accord RS e:HEV

Eksterior

All New Honda Accord RS e:HEV

Eksterior All New Accord RS e:HEV

Bicara fitur, pada eksteriornya All New Accord RS e:HEV menggunakan lampu Full LED Headlight dengan LED Sequential Turning Signal.

Menariknya, mobil ini memiliki Active Grill Shutter pada grill depan dengan kisi-kisi yang akan membuka secara otomatis pada saat mobil dinyalakan, sehingga memungkinkan asupan angin dari arah depan masuk ke ruang mesin.

Ketika mesin dimatikan, secara seketika kisi-kisi grill menutup sehingga membuat grill tampak rata.

Oh iya, mobil ini juga memiliki fitur Rain Sensing with Integrated Washer yang akan bergerak secara otomatis ketika sensor mendeteksi adanya kelembaban pada kaca depan.

Lalu ada Door Handle Illumination yang memperlihatkan kesan prestisius saat kondisi gelap, serta spion dengan Power Retractable Black Door Mirror with Auto Folding & LED Turning Signal.

Untuk lingkar roda menggunakan velg 18 inci dengan desain palang lima two-tone yang menampilkan kesan sporty.

Sama seperti di bagian depan, pada buritannya tersematkan stoplamp Full LED Tail Light serta penggunaan lampu sein LED sequential dan reflector.

Interior

All New Honda Accord RS e:HEV

Interior All New Accord RS e:HEV

Melihat fitur yang ada di bagian dalam, All New Accord RS e:HEV dilengkapi headunit 12,3 inci model floating dengan 12 speaker premium garapan BOSE.

Guna memudahkan penggunan, sistem hiburannya mendukung konektivitas Google built-in guna mengakses berbagai hiburan, yang dapat dikoneksikan nirkabel dengan Smartphone.

Dan menariknya, head unitnya juga mendukung konektivitas Multi View Camera Assist dengan kamera 360 derajat yang memudahkan pengguna memantau kondisi sektiaran mobil.

Pada pusat informasi berkendara, mobil ini dibekali meter cluster digital berukuran 10,2 inci dengan menampilkan informasi seperti; speedometer, Fuel Meter, Full Screen Map, Sensing Indicator, Power Meter, Hybrid Battery Level hingga Engine Temperature & Status.

Memudahkan pengendara untukmendapatkan informasi seputar kendaraan, mobil ini mendapatkan Head Up Display (HUD) 11,5 inci yang terintegrasi dengan headunit serta metercluster.

Melalui layar HUD-nya dapat menampilkan informasi berkendara seperti navigasi, indikator Honda SENSING, source audio dan kecepatan kendaraan.

Di bagian setir, mobil ini sudah dilengkapi Steering Switch Audio & Honda SENSING yang memberikan kemudahan kepada penggunanya.

All New Honda Accord RS e:HEV

Head unit All New Accord RS e:HEV

Terdapat pula Deceleration Paddle Selector di balik lingkar kemudinya yang berfungsi sebagai pedal deselerasi untuk memaksimalkan pengisian daya baterai melalui perlambatan kendaraan atau regenerative braking.

Pada kursi pengemudi, All New Accord RS e:HEV sudah dilengkapi Lumbar Support dan Driver Power Memory Seat with Easy Entry/Exit.

Dengan teknologi dan fitur ini membuat kursi bergerak mundur secara otomatis ketia mematikan mesin, dan akan maju saat mesin dihidupkan.

Untuk jok baris pertamanya mobil ini sudah dilengkapi 8-Way Driver Power Seat yang dapat menyesuaikan postur badan serta posisi nyaman berkendara.

Fitur lainnya mobil ini telah mendapatkan Wireless Charging Console, Dual USB Charger Type C, Multicolor Interior Ambient Light, serta i-Dual Zone Auto A/C dimana pengendara maupun penumpang depan dapat mengatur suhu secara terpisah.

Ada pula Experience Selection Dial, yang merupakan tombol shortcut untuk memudahkan pengguna mengoperasikan sistem berkendara seperti AC dan pengaturan audio yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Guna meningkatkan visibilitas berkendara, mobil ini pun dilengkapi Panoramic Sunroof, serta adanya Rear Center Console serta Rear A/C Ventilation with Dual USB Charger Type C, Rear Side Sunshade dan Electrostatic Touch LED Light di baris kedua.

Oh iya, All New Accord RS e:HEV juga mendapatkan Honda CONNECT with Digital Key.

Dengan fitur ini pengguna dapat menghubungkan mobilnya melalui smartphone untuk mengontrol dan mengakses berbagai fungsi serta informasi penting seputar kendaraan bahkan mengunci, menghidupkan atau mematikan mesin.

Baca juga: Perbandingan Biaya Perawatan Toyota Camry Hybrid Vs Camry Biasa, Murah Mana?

Toyota Camry Hybrid

Eksterior

Toyota Camry Hybrid

Eksterior Toyota Camry Hybrid

Berbeda dengan All New Accord RS e:HEV, Camry Hybrid sudah menggunakan LED dengan projector untuk sistem pencahayaannya.

Pada kaca depannya pun mendapatkan wiper yang dapat bekerja secara otomatis ketika sensor mendeteksi adanya air.

Di bagian samping, mobil ini dipadukan velg alloy dual tone 18 inci serta spion yang selain dilengkapi pengaturan elektrik, namun juga pelipatan otomatis.

Terlihat begitu dinamis, lampu belakangnya mobil ini juga sudah menggunakan teknologi LED.

Interior

Toyota Camry Hybrid

Interior Toyota Camry Hybrid

Toyota Camry Hybrid menampilkan nuansa interior yang terlihat begitu mewah.

Terlihat mobil ini telah tersematkan Ambient Lighting yang dapat merefleksikan sekaligus memberikan kesan lebih prestisius.

Pada center clusternya dibenamkan head unit layar sentuh 9 inci yang mendukung beragam konektivitas modern, salah satunya fitur NFC yang bisa digunakan untuk mengecek jumlah ketersediaan saldo pada uang elektronik.

Memiliki kualitas suara tingkat atas, head unitnya disandingkan dengan sistem audio garapan JBL.

Tepat di bawah sistem hiburannya terdapat tombol pengaturan AC lengkap dengan 3-zone.

AC dengan pengaturan 3-zone sendiri dapat diatur secara terpisah untuk suhu baik di bagian penumpang depan, pengemudi dan penumpang belakang.

Bicara mengenai sistem pendingin udara, mobil ini mendapat teknologi air purifier Nano E yang dapat membunuh virus atau bakteri.

Melihat fitur lainnya, mobil ini sudah dilengkapi jok elektrik dengan pengaturan 8 arah baik di penumpang depan maupun pengemudi, pengisian daya wirless chraging, kursi pendingin, dan panoramic sunroof.

Toyota Camry Hybrid

Panoramic sunroof Camry Hybrid

Oh iya mobil ini juga dilangkapi berbagai tombol pengaturan pada setir yang terhubung langsung dengan sistem hiburan maupun meterclusternya.

Bicara mengenai metercluster, untuk tampilannya Camry Hybrid tidak full digital dengan speedometer dan tachometer model analog.

Sedangkan di tengah terdapat layar MID yang menampilkan berbagai informasi seputar kendaraan.

Sama seperti Accord terbaru, Camry Hybrid juga memiliki fitur yang menghubungkan mobil langsung dengan smartphone.

Fitur yang dinamai T-Intouch ini dapat memberikan informasi seputar kendaraan baik lokasi, status dan beberapa lainnya yang memudahkan pengguna.

Honda SENSING vs Toyota Safety Sense

All New Honda Accord RS e:HEV

Toyota Camry Hybrid

Blind Spot Warning 

Menyoal keselamatan berkendara, All New Honda Accord RS e:HEV sudah dilengkapi 8 SRS Airbag yang terdapat di bagian depan, sisi samping dan bagian lutut.

Dan menariknya terdapat pula Active Cornering Light yang membantu pengguna untuk melihat objek di depan saat berbelok dengan memberikan pencahayaan tambahan ke arah yang dituju.

Lainnya juga terdapat ABS, EBD, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), Driver Attention Monitor, Emergency Stop Signal, Brake Ovveride System, TPMS, AVAS, Pop-up Hood Syetem, dan Moton Management System.

Accord terbaru pun mendapatkan Honda LaneWatch yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot di sebelah kiri mobil.

Dan dari segi keamanan berkendara mendapatkan immobilizer serta keyless entry.

Fitur Honda SENSING All New Accord RS e:HEV

  • Auto High-Beam with Adaptive Driving Beam (AHB with ADB)
  • Collision Mitigation Braking System (CMBS)
  • Adaptive Cruie Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF)
  • Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW).
  • Lead Car Departure Notification System (LCDN)
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)

Toyota Camry Hybrid

Toyota Camry Hybrid

Fitur TSS2 Toyota Camry Hybrid

Tidak seperti All New Honda Accord RS e:HEV, Toyota Camry Hybrid hanya dilengkapi 7 buah Airbag.

Meski begitu fitur keselamatan standar yang digunakan mencakup; ABS, BA, EBD, VSC, HAC dan beberapa lainnya Smart Entry, Rear Camera berupa Back Guide Surround Monitor, dan juga Back & Corner Sensor.

Fitur Toyota Safety Sense (TSS) 2 Toyota Camry Hybrid

  • Pre-Colission System (PCS)
  • Lane Departure Alert
  • Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction
  • Lane Tracing Assist (LTA)
  • Blind Spot Monitoring (BSM)
  • Automatic High Beam (AHB)
  • Lane Centering
  • Steering Assist

Mesin Toyota Camry Hybrid Lebih Besar

Toyota Camry Hybrid

Mesin A25A-FXS

All New Honda Accord RS e:HEV 2024 dibekali mesin 2.000 cc direct-injected 4-silinder segaris Atkinson cycle DOHC yang dapat meletupkan tenaga sesbesar 145 PS pada 6.100 rpm serta torsi 179 Nm di 4.500 rpm.

Dipadukan menggunakan gearbox Electrical Continuously Variable Transmission (E-CVT), untuk motor listriknya sanggup memeras tenaga 184 PS pada 5.000-8.000 rpm dan torsi maksimum 335 Nm di 0-2.000 rpm.

Perpaduan antara mesin dan motor listriknya mampu memuntahkan tenaga hingga 207 PS.

Pertama di jajaran mobil baru Honda, All New Accord RS e:HEV memperoleh fitur EV Switch.

Untuk mode berkendaranya mulai dari Normal, Sport, ECON hingga Individual.

Toyota Camry Hybrid menggunakan teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-4.

Dibenamkan mesin A25A-FXS 2.487 cc Hybrid 4-silinder segaris DOHC, tenaga yang diperoleh 178 PS di 5.700 rpm dan torsi hingga 220 Nm pada 3.600-5.200 rpm.

Sedangkan untuk motor listriknya sanggup menghasilkan tenaga 20,6 PS.

Tenaga yang dihasilkan secara keseluruhan penggabungan antara mesin bensin dan motor listriknya, Camry Hybrid berada di angka 198,6 PS.

Kesimpulan

Bermain di segmen sedan premium dengan mengusung teknologi hybrid, All New Honda Accord RS e:HEV 2024 punya dimensi lebih besar, serta fitur unggulan lebih lengkap ketimbang Toyota Camry Hybrid.

Dari segi keselamatan berkendara Accord terbaru juga lebih lengkap ketimbang pesaingnya tersebut.

Namun untuk tenaga yang dihasilkan, Camry Hybrid lebih unggul, meskipun torsi yang dimiliki masih kalah besar.

Baca juga: Toyota Luncurkan Toyota Camry Hybrid Facelift, Makin Canggih Tapi Tetap “Murah”

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Camry Hybrid 2.5 HV

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia