Jangan Bingung, Nih Tiga Pilihan Mobil Baru Untuk Pemula

Yongki Sanjaya · 12 Jan 2021 14:05

Membeli mobil adalah suatu keputusan besar, karena kita perlu mengeluarkan uang puluhan hingga ratusan juta rupiah. Banyak juga yang bingung, pilihan mobil seperti apa yang cocok bagi pemula. Untuk itu supaya tidak bingung, kami coba ulas beberapa pilihan mobil baru yang cocok bagi pemula. 

Ketika ingin membeli mobil, pastikan jenis mobil seperti apa yang dibutuhkan atau menjadi prioritas. Saat ini cukup banyak model kendaraan roda empat, mulai dari small car, MPV (Multi Purpose Vehicle) sampai SUV (Sport Utility Vehicle). Cari tahu referensi dari mobil yang akan dipilih, bisa bertanya kepada keluarga, teman, atau referensi review dari YouTube. 

Sebagai pemula, kalian mungkin tidak ingin terlalu repot saat melakukan perawatan kendaraan. Ada beberapa pilihan model yang memberikan biaya perawatan ekonomis dengan garansi panjang. Setidaknya, kita tidak begitu dipusingkan soal biaya perawatan hingga 50 ribu kilometer. 

Untuk pilihan ini, akan mengerucut pada tiga merek besar yaitu Honda, Toyota, dan kemudian Mitsubishi. Pilihan mobilnya cukup beragam, namun kita bisa batasi dengan harga hingga Rp 270 juta. 

Supaya tidak penasaran, berikut ini pilihan mobil yang ideal bagi pemula:

Honda Brio Satya 

Mobil pertama yang cocok untuk pemula adalah Honda Brio Satya. Dimana, mobil ini merupakan tipe kendaraan Low Cost Green Car atau biasa disebut LCGC.

Mobil buatan Honda ini diklaim merupakan tipe city car atau mobil perkotaan yang sangat populer, khususnya masyarakat urban. Bahkan, Honda Brio Satya inilah yang menjadi mobil terlaris Honda di 2020 lalu

Hal itu tak lepas dari bentuknya yang minimalis sehingga akan membuat manuver dalam berkendara lebih dirasa nyaman. Handlingnya lincah dan fun to drive sehingga mudah ketika melalui medan perkotaan yang ramai dan macet. 

Honda Brio 2021 masih menggunakan mesin lama 4-silinder i-VTEC 1,2 liter. Tenaga yang dihasilkan 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm. Konsumsi BBM di angka 20 km/liter pun cukup mudah dicapai. 

Desainnya juga lebih menarik dan sporty, cocok untuk kalangan usia muda yang baru saja memiliki mobil. Biaya perawatan Honda Brio juga cukup bersahabat bagi pemula. 

Keuntungan dari kita beli mobil baru yaitu free jasa service hingga 50 ribu kilometer. Kita hanya membayar uang tidak sampai Rp 500 ribu untuk membeli sparepart fast moving yang perlu diganti setiap 10 ribu kilometer. 

Cukup terjangkau kan? 

Toyota Agya

Masih sama-sama city car dari golongan LCGC, ada sosok Toyota Agya 2021 yang bisa kalian masukkan daftar incaran. Secara ukuran, Agya hanya sedikit lebih kecil dimensinya daripada Brio. Toyota Agya 2021 dijual dengan harga antara Rp 143,8 juta sampai Rp 169,29 juta. 

Toyota Agya 2021 punya dimensi panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm. Sedangkan Honda Brio 2021 punya panjang 3.800 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm. Di atas kertas, Honda Brio punya ukuran yang lebih besar.

Eksterior New Toyota Agya mengusung konsep sporty yang bisa kita lihat di sisi depan dari desain grille beraksen Black Chrome Element serta headlamp dengan corak hitam dan LED Guide yang dinamis.

Toyota juga memberikan bebas biaya jasa servis terhadap Agya hingga 50 ribu kilometer. Namun, kisaran biaya tertinggi penggantian part di Toyota Agya ini sedikit lebih mahal daripada Honda Brio, yakni Rp 639.500 pada service di 40 ribu kilometer.

Biaya sebesar itu harus dikeluarkan di atas meja kasir untuk penggantian suku cadang meliputi: gasket, oli mesin, oli transmisi, filter oli, filter udara, busi, minyak rem dan minyak kopling.

Mitsubishi Xpander

Sosok yang satu ini sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Memang, Mitsubishi Xpander ini menjadi penantang serius Toyota Avanza dengan desain baru dan fiturnya yang lebih lengkap. Mitsubishi Xpander 2021 dijual dengan harga mulai dari Rp 220,8 juta sampai Rp 278,1 juta. 

Mitsubishi Xpander diklaim menawarkan ketangguhan ala SUV digabungkan dengan kenyamanan suatu mobil MPV. Xpander sudah memiliki audio dengan konektivitas ke gadget kesayangan Anda. 

Di mobil ini juga memiliki kontrol stabilitas, lalu ada power window dengan teknologi mampu melipat secara elektrik. Xpander juga terdapat kamera mundur, dan kontrol arah AC. Bahkan model Mitsubishi Xpander Ultimate terbaru dilengkapi dengan cruise control. 

Xpander menawarkan dua pilihan ground clearance yang lumayan tinggi. Pada varian Ultimate, Sport dan Exceed memiliki jarak terendah dari permukaan tanah berukuran 205 mm, sedangkan varian GLX dan GLS memiliki ukuran 200 mm. 

Lantas bagaimana soal garansi? Mitsubishi Xpander mendapatkan garansi selama 3 tahun atau 50.000 KM, atau mana yang dicapai lebih dulu. Sedangkan jaringan dealer mencapai 127 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Kesimpulan

Tidak jarang bagi para pembeli pemula, mereka hanya sekedar melihat dari modelnya saja. Mobil yang dipilih hanya karena desainnya menarik dan sesuai dengan jumlah dana yang dimiliki.

Padahal, masih ada beberapa faktor elementer yang perlu jadi pertimbangan, seperti biaya perawatan atau fitur yang dimiliki. Dengan begini, kalian bisa memperhitungkan biaya perawatan maupun value yang ditawarkan dari mobil incaran apakah sudah proporsional atau tidak.  

Komentar

Mobil Terbaru