Lupakan Sejenak All New Honda BR-V, Ini Perbedaan Toyota Rush GR Sport dengan Daihatsu Terios IDS

Enda · 23 Sep, 2021 14:30

Lupakan Sejenak All New Honda BR-V, Ini Perbedaan Toyota Rush GR Sport dengan Daihatsu Terios IDS 01

Perbedaan Toyota Rush GR Sport dengan Daihatsu Terios IDS

Sebelum hadirnya All New Honda BR-V, PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) diketahui lebih dulu memberikan improvement terhadap Low SUV andalannya, yaitu Toyota Rush GR Sport dan Daihatsu Terios IDS.

Mengetahui harga bandrol keduanya dengan diskon PPnBM 100% hingga Desember 2021, Toyota Rush GR Sport diniagakan mulai dari Rp256,6 juta sampai Rp266,2 juta. Sedangkan Daihatsu Terios IDS tipe R yang merupakan varian teratasnya ditawarkan Rp234,5 juta hingga Rp255,6 juta.

Biar kalian tidak penasaran dengan keduanya, ketahui perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Daihatsu Terios IDS berikut ini.

Baca juga: 5 Kelebihan Honda BR-V 2022 Ini Bisa Bikin Toyota Rush Ditinggalkan

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tampilan Toyota Rush GR Sport Jauh Lebih Sporty Ketimbang Daihatsu Terios IDS

Lupakan Sejenak All New Honda BR-V, Ini Perbedaan Toyota Rush GR Sport dengan Daihatsu Terios IDS 01

Tampilan Toyota Rush GR Sport terlihat lebih sporty

Bicara Rush GR Sport, mobil ini mendapat sedikit penyegaran pada tampilan luarnya yang jauh lebih sporty dari varian sebelumnya, yakni TRD Sportivo. Berbeda dengan Daihatsu Terios IDS yang belum lama ini diluncurkan oleh ADM, pihaknya tidak sedikitpun memberikan penyegaran pada tampilan luar mobil ini.

Seperti yang bisa dilihat, pada wajah Toyota Rush GR Sport kini memperoleh Dashing Dark Chrome Grille yang atraktif serta bumper dengan bentuk jauh lebih sporty dan kekar berkat housing foglamp yang dulunya serba hitam, kini mendapatkan revisi dengan ditambahkan garis horizontal senada dengan warna mobil. Di bumper bagian bawahnya, Rush GR Sport memperoleh under guard dengan warna hitam yang lebih menampilkan karakter sporty.

Bergeser ke bagian samping, mobil ini berhasil tersematkan side moulding dengan bentuk yang berbeda dan diletakkan sedikit turun ke bawah. Melihat daripada bagian lainnya, Rush GR Sport mendapatkan side skirt berwarna hitam serta velg 17 inci yang diselimuti ban ber-profil 215/60 sama seperti varian sebelumnya. 

Menengok bagian belakang, mobil ini mendapat sedikit penyegaran pada under guard yang terkesan lebih sporty serta sedikit sentuhan warna gelap di tengah bagian kolongnya. Untuk lainnya masih terlihat sama, seperti bumper belakang dengan tambahan reflektor, Rear Wiper, Defogger, dan Spoiler dengan High Mount Stop Lamp.

Lupakan Sejenak All New Honda BR-V, Ini Perbedaan Toyota Rush GR Sport dengan Daihatsu Terios IDS 02

Daihatsu Terios IDS terlihat dinamis

Lantas bagaimana dengan Daihatsu Terios IDS? Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, mobil ini tidak mengalami ubahan pada tampilan luarnya.

Pada tampilan eksterior varian R yang merupakan tipe teratas Daihatsu Terios IDS terlihat lebih elegan dibandingkan Rush GR Sport. Untuk grille-nya sendiri dibubuhi dengan lapisan krom serta lampu berteknologi LED dengan reflektor krom didalamnya.

Demi menyesuaikan bantuk secara keseluruhan yang terkesan dinamis, pada bumper depan khusus bagian bawahnya diaplikasikan under guard yang dilabur warna perak.

Bagian sampingnya, mobil ini tidak mendapatkan side moulding seperti Rush GR Sport. Hanya saja side skirt Daihatsu Terios IDS lebih mencolok dengan dikombinasikannya warna silver pada bagian ini. Mengenai lingkar rodanya, tipe R Terios IDS sama seperti Rush GR Sport menggunakan velg 17 inci yang diselimuti ban ber-profil 215/60. Hanya saja desainnya velg-nya berbeda dimana Terios ini menggunakan model palang.

Bergeser melihat bagian buritannya, Terios mendapatkan garnish berukuran besar berkelir hitam gloss ditengahnya. Spoiler pada bumpernya sendiri diberi sentuhan warna hitam doff berbahan dasar plastik yang dibuat berotot menyesuaikan lekukan lainnya, yang mana dibawahnya juga terdapat tambahan under guard bewarna perak.

Sama seperti Rush GR Sport, Tipe R Daihatsu Terios IDS ini juga mendapatkan Rear Wiper serta Spoiler dengan High Mount Stop Lamp namun tidak dilengkapi dengan Rear Defogger.

Baca juga: Tampilan Toyota Rush GR Sport Makin Keren, Tambah Fitur dan Harga Naik Rp5 Jutaan

Adu Fitur Unggulan, Daihatsu Terios IDS Lebih Lengkap Ketimbang Toyota Rush GR Sport?

Lupakan Sejenak All New Honda BR-V, Ini Perbedaan Toyota Rush GR Sport dengan Daihatsu Terios IDS 03

Interior Daihatsu Terios IDS

Bicara fitur unggulan, tipe R Daihatsu Terios IDS ini berhasil tersematkan sistem hiburan infotaiment 2 DIN Touchscreen Audio 7” (2 USB, Aux in, Tuner, Mirroring), Front&2nd Row Speakers, Speed Sensing Auto Door Lock, Back Sonar dan Rear Parking Camera.

Selain itu juga terdapat Meter Cluster with MID, Start Stop Button, Audio & Phone Handsfree Steering Switch, Retractable Outer Mirror, Tweeter & 3rd Row Speaker, Driver Seat Height Adjuster, 2nd Row & 3rd Row Power Outlet, Front Corner Sensor, Auto A/C with Digital Display, Auto on Headlamp dan Arround View Monitor.

Mengenai fitur keamanannya, sudah dilengkapi Integrated key with alarm, dengan Key Free System.

Mengetahui daripada fitur unggulan yang ada di Toyota Rush GR Sport, mobil ini turut dibenamkan sistem hiburan infotaiment 2 DIN Touchscreen 7”. Namun bedanya sudah dilengkapi Interinet dengan Multitasking Support (Miracast/Weblink with Radio/USB/CD), Smartphone Remote APP, Ipod/Iphone Connectivity dan Weblink (waze Support).

Lupakan Sejenak All New Honda BR-V, Ini Perbedaan Toyota Rush GR Sport dengan Daihatsu Terios IDS 04

Sistem hiburan Toyota Rush IDS mendapatkan 8 Surround Sound Speaker

Untuk memberikan kualitas suara yang lebih baik dari Daihatsu Terios IDS, Rush GR Sport memperoleh 8 Surround Sound Speaker. Selain itu juga terdapat New Auto Retractable yang bekerja secara otomatis saat menekan tombol buka dan kunci pada remote, Driver Seat Height Adjuster, Start Stop Button, Audio & Phone Handsfree Steering Switch dan Auto A/C with Digital Display.

Sama seperti Terios, Rush GR Sport untk fitur keamanannya sudah dilengkapi Integrated key with alarm, dengan Key Free System.

Fitur Keselataman Keduanya Sama?

Lupakan Sejenak All New Honda BR-V, Ini Perbedaan Toyota Rush GR Sport dengan Daihatsu Terios IDS 05

Fitur keselamatan Vehicle Stability Control (VSC) pada Daihatsu Terios IDS dan Toyota Rush GR Sport

Mengetahui fitur keselamatan yang ada di Daihatsu Terios IDS tipe R, mobil ini telah tersematkan Dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Front Seat Safety Belt with Pretension & Force Limiter, 2nd Row Seatbelt (3 points ELR x2 + 2 Point NR x1), 3rd Row Seatbelt (3 points (ELR x 2), Side Impact beam, Child Safety Lock, 2nd Row Headrest x2, 3rd Row Headrest x2, Front & Rear Stabilzer, Seatbelt Warnilng Lamp & Buzzer (driver side), Rear Parking Camera, Front Corner Sensor, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Bicara mengenai fitur keselamatan pada Toyota Rush GR Sport, mobil ini memiliki kesamaan dengan Daihatsu Terios IDS tipe R. Hanya saja untuk jumlah kantong udaranya lebih banyak, yakni 6 SRS Airbags yang sekaligus memberikan perlindungan terhadap penumpang di baris kedua dan ketiga disaat mengalami benturan cukup kencang.

Oh iya, sebagai informasi, Daihatsu Terios IDS dan Toyota Rush GR Sport ini tersematkan fitur berupa Eco Idle. Fitur seperti ini diketahui dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang. Dengan begitu, kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Eco Idle yang terdapat pada Terios IDS dan Rush GR Sport terbukti mampu menghemat penggunaan bahan bakar 5-10% dibandingkan model sebelumnya. Mekanisme untuk mengaktifkan cara kerjanya ketika speed 0 atau posisi mobil berhenti, tuas persenilng ada di D untuk matic, dan menginjak pedal rem.

Kesimpulan

Secara tampilan, Toyota Rush GR Sport terlihat jauh lebih sporty dari Daihatsu Terios IDS yang memiliki tampilan dinamis dan elegan. Mengenai fitur unggulan, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, Terios IDS tersematkan Auto on Headlamp dan Arround View Monitor. Disisi lain, Rush GR Sport berhasil diaplikasikan Head Unit 2 DIN Touchscreen 7” yang telah mendukung berbagai macam konektivitas kekinian, 8 Surround Sound Speaker dan New Auto Retractable.

Untuk fitur keselamatan overall keduanya sama, hanya saja Rush GR Sport telah mendapatkan 6 SRS Airbags yang diketahui mampu memberikan perlindungan terhadap penumpang di baris kedua dan ketiga ketika mengalami benturan cukup kencang.

Baca juga: Harga PPNBM Rp255,6 Juta Cuma Tambah 3 Fitur, Daihatsu Terios IDS Masih Layak Dibeli?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru