window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bersaing, Pilih Suzuki Ertiga GL MT atau Toyota Avanza G AT?

Enda · 12 Jul, 2021 17:00

Harga Bersaing, Pilih Suzuki Ertiga GL MT atau Toyota Avanza G AT? 01

Suzuki Ertiga GL MT vs Toyota Avanza G AT

Baik Ertiga maupun Avanza merupakan dua Low MPV yang sudah cukup lama meramaikan kancah otomotif Tanah Air. Bicara mengenai harga barunya, Suzuki Ertiga GL MT dan Toyota Avanza G AT ini memiliki harga yang bersaing.

Dengan adanya diskon PPnBM nol persen dari pemerintah yang berlangsung hingga Agustus mendatang, Suzuki Ertiga GL MT ditawarkan Rp218,2 juta. Sedangkan Toyota Avanza G AT dibandrol Rp216,5 juta.

Sebelum memutuskan untuk meminang salah satu dari keduanya, sebaiknya ketahui lebih dekat Suzuki Ertiga GL MT dan Toyota Avanza G AT di bawah ini.

Baca juga: Hadir Dalam Tiga Varian, Ini Perbedaan Suzuki Ertiga GA, GL dan GX

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tingkat Visibilitas Suzuki Ertiga GL MT Lebih Baik Dibandingkan Toyota Avanza G AT

Harga Bersaing, Pilih Suzuki Ertiga GL MT atau Toyota Avanza G AT? 01

Suzuki Ertiga GL MT memperoleh lampu utama berprojector

Dengan harga baru yang relatif bersaing, Ertiga GL MT diketahui sebagai varian tengah Suzuki Ertiga. Sedangkan Toyota Avanza G AT merupakan tipe teratas Toyota Avanza saat ini.

Melihat sistem pencahayaan yang digunakan, Suzuki Ertiga GL MT berhasil tersematkan lampu utama berprojector yang kini ditambahkan fog lamp di ujung bumper bagian bawahnya. Sedangkan Toyota Avanza G AT menggunakan lampu utama berteknologi LED dengan kombinasi fog lamp di bumpernya.

Harga Bersaing, Pilih Suzuki Ertiga GL MT atau Toyota Avanza G AT? 02

Toyota Avanza menggunakan teknologi LED pada lampu utamanya

Berbeda dengan Ertiga yang sudah memakai teknologi LED pada stop lampnya, Avanza sendiri masih mengandalkan bohlamp pada lampu sinyal berhentinya tersebut. Meski begitu, lampu sinyal berbelok keduanya juga masih menggunakan bohlamp biasa.

Memberi sedikit simpulan dari keduanya, menurut kami sistem pencahayaan Suzuki Ertiga ini lebih atrkatif dan dinamis. Selain itu, Ertiga juga memiliki tingkat visibilitas yang lebih baik dibandingkan Toyota Avanza.

Fitur Unggulan Suzuki Ertiga GL MT Kalah Canggih dari Toyota Avanza G AT?

Harga Bersaing, Pilih Suzuki Ertiga GL MT atau Toyota Avanza G AT? 03

Interior Suzuki Ertiga GL

Mengetahui fitur unggulan pada varian GL, Suzuki sendiri menanamkan head unit dengan operasi touch screen meski hanya dapat memutar USB, menangkap sinyal radio FM dan AM, serta memutar musik yang dipancarkan melalui Bluetooth. Untuk pengaturan sistem pendingin udaranya, varian ini sudah memakai model digital namun belum menggunakan teknologi auto climate with heater.

Sebagai tipe paling atas, Toyota Avanza G AT sudah memperoleh NEW Premium Touch Screen Head Unit yang mendukung format DVD, iPod/iPhone Connectivity, USB, Bluetooth dan AUX. Pengaturan AC nya juga menganut model digital.

Harga Bersaing, Pilih Suzuki Ertiga GL MT atau Toyota Avanza G AT? 04

Tampilan dashboard Toyota Avanza G

Pada lingkar kemudinya, Avanza 1.3 G berhasil disematkan steering switch control yang berfungsi untuk menjalakan beberapa fitur pada mobil ini. Melihat Suzuki Ertiga GL MT, Low MPV andalan Suzuki ini tidak mendapatkan switch control pada setirnya. Hanya saja tampilan lingkar kemudinya tersebut sudah menganut desain flat bottom.

Fitur Keselamatan Suzuki Ertiga GL MT Lebih Lengkap dari Toyota Avanza G AT

Harga Bersaing, Pilih Suzuki Ertiga GL MT atau Toyota Avanza G AT? 05

Fitur keselamatan Toyota Avanza G

Mengenai fitur keselamatan, Toyota Avanza G AT behasil ditanami Dual Airbags, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam dan Front Passenger Seat belt Warning.

Selain itu, varian ini juga mendapatkan 2 titik sensor parkir serta kamera parkir. Sedangkan fitur keamanan Avanza G AT sudah disematkan immobilizer dan alarm.

Melihat daripada Suzuki Ertiga GL MT, mobil ini berhasil disematkan fitur keselamatan yang lebih lengkap. Diantaranya; ABS+EBD, Dual SRS Airbag, seatbelt reminder, child safety lock, 2 point parking sensor, door open warning, ISOFIX, Tilt Steering, Immobilizer dan alarm.

Baca juga: Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E

Jantung Pacu Suzuki Ertiga GL MT Jauh Lebih Unggul Dibandingkan Rival Terdekatnya

Harga Bersaing, Pilih Suzuki Ertiga GL MT atau Toyota Avanza G AT? 06

Mesin K15B pada Suzuki Ertiga

Bicara jantung mekanis, Suzuki Ertiga GL MT dibenamkan mesin K15B berteknologi DOHC VVT 1.462 cc yang dapat merilis tenaga hingga 105 PS @6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 138 Nm @4.400 rpm. Sebelum menyalurkan putaran tenaga ke roda depan, varian GL MT ini ditawarkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Toyota Avanza G AT sendiri diketahui ditanami jantung pacu yang lebih kecil, yaitu 1.329 cc. Secara data di atas kertas, mesin berkodekan 1 NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i yang ada pada varian teratas Avanza ini mampu merilis tenaga hingga 96.5 PS @6.000 rpm serta torsi mencapai 120 Nm @4.200 rpm.

Agar mobil bisa berjalan, pada varian ini menggunakan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda belakangnya.

Bantingan Suspensi Suzuki Ertiga Lebih Empuk dan Nyaman

Harga Bersaing, Pilih Suzuki Ertiga GL MT atau Toyota Avanza G AT? 07

Suzuki Ertiga memiliki bantingan suspensi yang lebih empuk dan nyaman

Suzuki Ertiga GL MT diketahui menggunakan suspensi bermodelkan MacPherson strut with coil spring di bagian depan serta Torsion beam with coil spring pada roda belakangnya. Jenis suspensi yang digunakannya ini diketahui memiliki bantingan yang lebih empuk dan nyaman dibandingkan Avanza.

Toyota Avanza G AT sendiri memperoleh suspensi jenis MacPherson strut with coil spring di bagian depan dan 4-link lateral rod with coil spring.

Meskipun Avanza memiliki bantingan yang lebih keras, jenis suspensi yang digunakannya ini cenderung lebih awet dan tahan lama.

Kesimpulan

Melihat dari beberapa parameter di atas, meskipun Suzuki Ertiga GL MT merupakan varian tengah, Low MPV ini memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan Toyota Avanza G AT yang diketahui sebagai tipe teratas Avanza.

Secara konklusi, Suzuki Ertiga pun lebih nyaman digunakan sebagai mobil keluarga dibandingkan Toyota Avanza. Namun begitu, melihat dari harga yang ditawarkan sangat bersaing, Ertiga ini hanya mendapatkan transmisi manual. Sedangkan Avanza sudah memperoleh transmisi otomatis.

Menurut kami apabila kalian lebih sering melakukan aktifitas di kota besar, baiknya lebih memilih Avanza sebagai mobil keluarga. Karena kalian tidak perlu capek untuk menginjak kopling ketika terjebak kemacetan.

Di sisi lain, mobil ini juga cukup bisa diandalkan ketika berpergian ke luar kota. Mengingat Avanza sendiri menggunakan sistem penggerak roda belakang yang memiliki ketangguhan ketika melewati jalan menanjak dan menurun.

Berbeda jika kalian tinggal di daerah dengan kondisi jalan yang tidak terlalu ekstrim, Suzuki Eriga GL MT bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, Pilih Nyaman Atau Muat Banyak?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil