Makin Sengit, Mampukah Honda City Hatchback 2021 Lanjutkan Dominasi Jazz atas Toyota Yaris?

Yongki Sanjaya · 23 Jan 2021 10:00

Honda secara resmi akan menghentikan penjualan model Jazz di kawasan Asia Tenggara. Sebagai gantinya telah hadir Honda City Hatchback yang telah meluncur di Thailand pada akhir tahun lalu. Rumor menyebut kalau Honda City Hatchback 2021 akan hadir di Indonesia walaupun belum jelas kapan estimasi peluncurannya. 

Honda City Hatchback resmi didaulat sebagai pengganti Honda Jazz. Hatchback ini di Thailand hadir dalam tiga pilihan tipe yakni Honda City Hatchback 2021 tipe S, Honda City Hatchback 2021 tipe SV dan Honda City Hatchback 2021 tipe RS.

Pada grill depan menampilkan aksen khas Honda yaitu Solid Wing. Lampu depannya agak sipit, mirip seperti yang terdapat di Honda Civic. Tampilan depan semakin mewah karena adanya garnish krom besar yang menghubungkan lampu depan.

Honda City Hatchback 2021 mengusung tema “Energetic, the H Atchback” dengan penampilan yang terlihat agresif dan futuristik. Ini bisa dilihat dari garis body yang lebih tegas, semua lampu dan DRL telah menggunakan tipe LED, antenna model shark fin. 

Apakah kehadiran Honda City Hatchback ini akan bisa meneruskan kejayaan Jazz yang akan purna bakti? Mampukah Toyota Yaris mengungguli spesifikasi maupun desain Honda City Hatchback? Mari kita simak ulasannya berikut ini. 

Toyota Yaris 2021, Hatchback Andalan Toyota 

 

Berbagai sentuhan improvement yang disematkan Toyota di sisi eksterior, interior, safety, fitur hiburan, hingga radius putar pada New Yaris yang mengalami facelift di tahun 2020. 

Upgrade ini menjadikan Yaris sebagai hatchback yang menawan, tapi sekaligus juga mampu memberikan sensasi berkendara yang makin memuaskan. Kali ini, Yaris tampil sebagai hatchback yang semakin stylish dan youthful.

PT Toyota Astra Motor selaku pemegang merek pun memangkas opsi yang tersedia di New Yaris ini. Sekarang, Yaris hanya tersedia tipe G dan TRD Sportivo. 

Namun, varian dari masing-masing tipe cukup banyak dengan pilihan transmisi maupun airbag. Memang, Toyota kini memilah Yaris dari sisi safety dan kebutuhan. 

Upgrade yang dilakukan pada tahun lalu sebenarnya cukup signifikan meskipun tidak radikal. New Yaris menawarkan sensasi berkendara yang lincah (agile) hingga mampu membangkitkan rasa kegembiraan (excitement) bagi pelanggan, khususnya mereka yang berjiwa muda saat bermobilitas sehari-hari.

Handling New Yaris Makin Lincah Untuk Bermanuver 

New Yaris dikembangkan sebagai hatchback kompak yang dapat menciptakan sensasi berkendara yang lincah. Kini handlingnya semakin menyenangkan dengan radius putar yang lebih pendek, yaitu 5.1 meter. Improvement ini memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi pelanggan dalam bermanuver.

Radius putar pada New Yaris berkurang dari 5,7 meter menjadi hanya 5,1 meter ini membuatnya lincah saat bermanuver di area terbatas seperti parkiran gedung atau ketika berbalik arah di jalan dengan hambatan ruang gerak yang sulit diprediksi.

New Toyota Yaris Bukan Lagi Sang Joker 

New Yaris ini mengalami sedikit perubahan desain, terutama di bagian bemper. Pada versi facelift ini desain bempernya berubah, bukan lagi Joker style. 

Yaris pun telah dilengkapi dengan New Striking LED Headlamp Design, New LED Fog Lamp Design, dan Attractive New Front Grille and Bumper. Selain itu, pada New Yaris TRD Sportivo juga dilengkapi dengan New Rear Parking Camera yang bersinergi dengan radius putar lebih pendek untuk memudahkan saat parkir.

Sedangkan pada sisi interior, konektivitas merupakan kunci penyegaran pada New Yaris. Kali ini, terdapat fitur New Advance Infotainment System with Smartphone Connection diaplikasikan pada seluruh tipe New Yaris. 

Head unit ini mampu menghubungkan ponsel dengan mengandalkan teknologi Miracast dan Bluetooth. Fitur-fitur ini untuk menunjang kebutuhan generasi muda dan yang berjiwa muda.

Honda City Hatchback 2021 Memperbaiki Kelemahan di Jazz? 

Sebagai suksesor, tentu City Hatchback harus lebih baik daripada Jazz. Lantas, bagaimana upgrade yang hadir pada sosok hatchback ini? 

Honda City Hatchback 2021 mengusung tema “Energetic, the H Atchback” dengan tampilan yang agresif dan futuristik. Garis siluet body bergaya tegas dan memunculkan kesan sporty dan agresif. 

Tampilan belakangnya, Honda City Hatchback 2021 terlihat sangat sporty dengan aksen body kit hitam di bawah bumper. Kemudian, stoplamp Honda City Hatchback dibuat meruncing dengan teknologi LED di dalamnya sebagai sinyal saat mengurangi kecepatan. 

Sekilas, melihat tampilan belakang hatchback terbaru Honda ini mengingatkan kita terhadap sosok Mitsubishi Outlander. Lekuk dan gaya sipit lampunya begitu mirip. 

Sebagai sebuah hatchback, City punya karakter sporty dari velg alloy model sport berukuran 16 inci (hanya tipe RS). Sementara tipe lainnya hanya menggunakan velg berukuran 15 inci.

Interior Lega, Warisan Dari Honda Jazz di City Hatchback 

Mengusung konsep ‘Ambitious Beauty’, kabin Honda City Hatchback 2021 terlihat tidak neko-neko dengan memberikan tampilan yang modern. 

Aksen sporty hadir dari desain baru jok berlapis suede dengan aksen jahitan garis merah. Pada sekeliling speedometer dan takometer dipercantik lampu ambient menyala merah yang memberi kesan sporty.

Ketika masuk ke dalam kabin, seketika langsung terlihat jok ‘ultrasound seat’ yang memberikan kenyaman berkat desainnya yang dibuat melebar. Pemakaian bahan pelapis premium suede ini sekaligus membuat kabin Honda City Hatchback 2021 mampu menampilkan kesan elegan.

Jangan cemas soal akomodasi, karena Jazz mewarisi Ultraseat ke City. Satu fitur unggulan dari Honda Jazz, yaitu Ultra Seat juga tetap tersedia pada penerusnya ini. 

Sejak lama, Honda Jazz ini disukai karena fitur pengaturan kursi yang sangat fleksibel. Jadi bagi calon pembeli City Hatchback jangan khawatir, kalian masih tetap bisa membawa barang yang sangat banyak atau berukuran cukup besar dan cukup melipat semua kursinya jadi rata lantai. 

Spesifikasi City Hatchback 2021 Mirip Versi Sedan? 

Beberapa waktu lalu beredar list  Honda City 2021 daftar NJKB yang ada di situs Samsat DKI Jakarta. Dalam daftar itu tercantum tiga varian Honda City baru yang didaftarkan oleh HPM. 

Pertama adalah Honda City Hatchback 1.5L RS CVT, City Hatchback 1.5L RS MT dan Honda City E CVT. Model terakhir ini, diprediksi kuat adalah varian sedan. 

Secara spesifikasi, versi hatchback akan sama seperti City versi sedan. Namun, jenis mesin City Hatchback 2021 berbeda dari Jazz GK5 yang jadi generasi terakhirnya di Asia Tenggara.

Berdasarkan informasi dari Wapcar Malaysia, tenaga yang dihasilkan City Hatchback 2021 hanya selisih 1 ps lebih besar. City Hatchback didukung mesin 4-silinder DOHC i-VTEC dengan tenaga maksimum 121 ps/6.600 rpm dan torsi 145 Nm/4.300 rpm. 

Mesinnya juga ada sedikit beda kubikasi, dimana Jazz 1.497 cc SOHC dan City Hatchback 1.498 cc DOHC. Untuk City Hatchback,  transmisi yang digunakan yaitu CVT seperti pada versi sedan.

Kesimpulan 

PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek mungkin belum mengungkap kapan waktu peluncuran Honda City Hatchback di Indonesia. Namun, kita sudah bisa memperkirakan seperti apa spesifikasinya karena sudah meluncur terlebih dahulu di Thailand. 

Mungkin akan ada sedikit perbedaan spesifikasi dimana versi Thailand memakai mesin 1.0 turbo. Spesifikasi untuk City Hatchback pun telah terungkap kalau versi Indonesia memakai mesin 1.5 liter biasa. 

Dengan penampilan baru, mesin baru, dan fitur unggulan warisan dari Honda Jazz, bisakah City Hatchback pertahanan dominasi di segmen 'sedan tanpa buntut' ini? Kita tunggu saja kejutan dari Honda. 

 

Komentar

Mobil Terbaru