Adu Harga Diskon PPNBM, Honda City Hatchback RS Jadi 'Kemahalan' vs Toyota Yaris 2021 yang 'Murah Meriah'

Yongki Sanjaya · 5 Apr, 2021 14:00

 

Adu Harga Diskon PPNBM, Honda City Hatchback RS Jadi 'Kemahalan' vs Toyota Yaris 2021 yang 'Murah Meriah' 01

PT Honda Prospect Motor beberapa waktu lalu secara resmi mengumumkan harga untuk City Hatchback RS 2021. Suksesor Honda Jazz tersebut dijual dengan harga Rp289 sampai Rp299 jutaan. Uniknya, harga yang diumumkan oleh HPM untuk Honda City Hatchback 2021 ialah harga setelah diskon PPnBM. 

Pengumuman tersebut tentunya menegaskan kalau Honda City Hatchback RS diproduksi di Indonesia dengan kandungan local purchase sebesar 70 persen. Kehadiran City Hatchback diharapkan bisa meneruskan dominasi Honda Jazz yang lebih unggul dari sisi penjualan daripada Toyota Yaris. Nah, kesempatan ini sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh Yaris untuk unjuk gigi membalikkan keadaan. 

Apakah kehadiran Honda City Hatchback ini akan bisa meneruskan kejayaan Jazz yang akan purna bakti? Mampukah Toyota Yaris mengungguli spesifikasi maupun desain Honda City Hatchback? Mari kita simak ulasannya berikut ini. 

Perbandingan Harga Toyota Yaris vs Honda City Hatchback RS, Mana Lebih Ekonomis? 

Sebelum lebih jauh membandingkan kedua hatchback ini, terlebih dahulu kita perlu tahu harga masing-masing. Dengan begini, kita jadi mengerti model mana yang paling menguntungkan dari sisi harga dan fitur yang ditawarkan. 

PT HPM hanya menawarkan Honda City Hatchback dalam tipe RS dengan varian manual 6-percepatan dan matic CVT. Untuk Honda City Hatchback RS MT dijual Rp289.000.000 dan City Hatchback RS CVT Rp299.000.000. Kedua varian tersebut harganya telah disesuaikan dengan diskon PPnBM. 

Sementara itu PT Toyota Astra Motor menyediakan cukup banyak varian Toyota Yaris. Hatchback ini juga mendapatkan keringanan harga karena masuk skema relaksasi PPnBM dari pemerintah. Berikut ini daftar harga Toyota Yaris setelah diskon PPnBM yang kami kutip dari laman resmi Tunas Toyota selaku diler resmi Toyota:

Tipe Harga
1.5 G M/T 3 AB Rp248.300.000
1.5 G M/T 7 AB Rp252.900.000
1.5 G CVT 3 AB Rp258.200.000
1.5 G CVT 7 AB Rp262.800.000
1.5 S M/T TRD 3 AB Rp268.800.000
1.5 S M/T TRD 7 AB Rp273.400.000
1.5 S CVT TRD 3 AB Rp279.500.000
1.5 S CVT TRD 7 AB Rp284.000.000

Bila membandingkan harga keduanya, langsung terlihat kalau Toyota Yaris lebih terjangkau dengan fitur airbag lebih banyak dari City Hatchback RS. Lantas bagaimana dengan fitur-fitur lainnya dari kedua model ini? 

Adu Desain City Hatchback RS vs Toyota Yaris, Mobilnya Anak Muda

Keduanya mengusung konsep sebagai hatchback kekinian dengan style modern untuk kalangan berusia muda. Masing-masing memiliki karakter tersendiri sesuai dengan konsep awal yang disiapkan oleh pabrikan. 

Desain Honda City Hatchback RS 2021, Mature Tapi Tetap Sporty 

Adu Harga Diskon PPNBM, Honda City Hatchback RS Jadi 'Kemahalan' vs Toyota Yaris 2021 yang 'Murah Meriah' 02

Bila melihat sosok City Hatchback RS mungkin tidak sebegitu agresif layaknya Jazz atau Civic Hatchback. Penampilannya cenderung kalem dan lebih dewasa walaupun aura sporty tetap terlihat. 

Pada grill depan City Hatchback RS menampilkan aksen khas Honda yaitu Solid Wing. Lampu depannya agak sipit, mirip seperti yang terdapat di Honda Civic. Tampilan depan semakin mewah karena adanya garnish krom besar yang menghubungkan lampu depan.

Mengusung konsep "Elevate Your Move”, Honda City Hatchback RS menerapkan cutting edge design dengan garis karakter yang kuat dan desain lampu terkini. Sistem pencahayaan telah memakai Full LED, mulai dari Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars. 

Adu Harga Diskon PPNBM, Honda City Hatchback RS Jadi 'Kemahalan' vs Toyota Yaris 2021 yang 'Murah Meriah' 03

Selain itu, warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna, dan 16” Sporty Alloy Wheels yang memiliki aksen warna hitam yang semakin menambah karakter sporty

Toyota Yaris 2021, Hatchback Agresif yang Makin Lincah

Adu Harga Diskon PPNBM, Honda City Hatchback RS Jadi 'Kemahalan' vs Toyota Yaris 2021 yang 'Murah Meriah' 04

Berbagai sentuhan improvement yang disematkan Toyota di sisi eksterior, interior, safety, fitur hiburan, hingga radius putar pada New Yaris yang mengalami facelift di tahun 2020 lalu. Desain grill berubah menjadi trapezoidal berukuran besar. 

New Toyota Yaris bukan lagi sang Joker. New Yaris ini mengalami sedikit perubahan desain, terutama di bagian bemper. Pada versi facelift ini desain bempernya berubah, bukan lagi Joker style. Yaris pun telah dilengkapi dengan New Striking LED Headlamp Design, New LED Fog Lamp Design, dan Attractive New Front Grille and Bumper. 

Perubahan ini sekaligus menandai berakhirnya era Yaris Joker sebagai edisi pre facelift. Desainnya seperti menggabungkan headlamp ala Yaris joker dan grill mirip Yaris Lele. 

Kali ini, Yaris tampil sebagai hatchback yang semakin stylish dan youthful. Upgrade ini menjadikan Yaris sebagai hatchback yang kekinian sekaligus juga mampu memberikan sensasi berkendara yang makin memuaskan. 

Upgrade yang dilakukan pada tahun lalu sebenarnya cukup signifikan meskipun tidak radikal. New Yaris menawarkan sensasi berkendara yang lincah (agile) hingga mampu membangkitkan rasa kegembiraan (excitement) bagi pelanggan, khususnya mereka yang berjiwa muda saat bermobilitas sehari-hari.

Fitur Yaris vs City Hatchback RS, Toyota Kini Mampu Berbicara Banyak

Pada bagian ini kita akan membandingkan mana hatchback dengan fitur paling melimpah antara Yaris maupun City Hatchback RS. Semakin lengkap fitur yang tersedia di sebuah mobil membuat harga jualnya jadi valuable. Artinya, kelengkapan fitur membuat harga bisa jadi dianggap murah atau mungkin kemahalan. 

Handling New Yaris Makin Lincah Untuk Bermanuver 

Adu Harga Diskon PPNBM, Honda City Hatchback RS Jadi 'Kemahalan' vs Toyota Yaris 2021 yang 'Murah Meriah' 05

New Yaris dikembangkan sebagai hatchback kompak yang dapat menciptakan sensasi berkendara yang lincah. Kini handlingnya semakin menyenangkan dengan radius putar yang lebih pendek, yaitu 5.1 meter. Improvement ini memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi pelanggan dalam bermanuver.

Radius putar pada New Yaris berkurang dari 5,7 meter menjadi hanya 5,1 meter ini membuatnya lincah saat bermanuver di area terbatas seperti parkiran gedung atau ketika berbalik arah di jalan yang lalu lintasnya padat. 

Selain itu, pada New Yaris TRD Sportivo juga dilengkapi dengan New Rear Parking Camera yang bersinergi dengan radius putar lebih pendek untuk memudahkan saat parkir.

Sedangkan pada sisi interior, konektivitas merupakan kunci penyegaran pada New Yaris. Kali ini, terdapat fitur New Advance Infotainment System with Smartphone Connection diaplikasikan pada seluruh tipe New Yaris. 

Head unit ini mampu menghubungkan ponsel dengan mengandalkan teknologi Miracast dan Bluetooth. Fitur-fitur ini untuk menunjang kebutuhan generasi muda dan yang berjiwa muda.

Honda City Hatchback Menyempurnakan Kekurangan di Honda Jazz

Adu Harga Diskon PPNBM, Honda City Hatchback RS Jadi 'Kemahalan' vs Toyota Yaris 2021 yang 'Murah Meriah' 06

Sebagai suksesor, tentu City Hatchback harus lebih baik daripada Jazz. Mengusung konsep ‘Ambitious Beauty’, kabin Honda City Hatchback 2021 terlihat tidak neko-neko dengan memberikan tampilan yang modern. 

Aksen sporty hadir dari desain baru jok berlapis suede dengan aksen jahitan garis merah. Pada sekeliling speedometer dan takometer dipercantik lampu ambient menyala merah yang memberi kesan sporty.

Ketika masuk ke dalam kabin, seketika langsung terlihat jok ‘ultrasound seat’ yang memberikan kenyaman berkat desainnya yang dibuat melebar. Pemakaian bahan pelapis premium suede ini sekaligus membuat kabin Honda City Hatchback 2021 mampu menampilkan kesan elegan.

Adu Harga Diskon PPNBM, Honda City Hatchback RS Jadi 'Kemahalan' vs Toyota Yaris 2021 yang 'Murah Meriah' 07

Jangan cemas soal akomodasi, karena Jazz mewarisi Ultraseat ke City. Satu fitur unggulan dari Honda Jazz, yaitu Ultra Seat juga tetap tersedia pada penerusnya ini. 

Honda City Hatchback RS didukung dengan berbagai fitur canggih seperti Remote Engine Start, One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition, dan Multi-Angle Rear View Camera. 

Kesimpulan 

Adu Harga Diskon PPNBM, Honda City Hatchback RS Jadi 'Kemahalan' vs Toyota Yaris 2021 yang 'Murah Meriah' 08

Bila melihat kelengkapan fiturnya, maka kedua hatchback ini nyaris berimbang. Perbedaannya cenderung pada karakter dari setiap mobil, dimana Yaris untuk segmen anak muda yang aktif sedangkan City Hatchback RS segmentasinya lebih luas, mulai dari anak muda sampai keluarga kecil.

Bila melihat aspek value for money, maka kali ini Toyota Yaris lah yang jadi jawaban tepat. Harga termahalnya masih lebih murah daripada Honda City Hatchback RS. Memang dari segi desain, City unggul namun dibarengi dengan harga yang juga lebih mahal.  

Komentar