Punya Fitur Keren, Honda City Hatchback 2021 Bisa Lanjutkan Dominasi di Atas Toyota Yaris?

Yongki Sanjaya · 17 Nov 2020 11:30

Honda kemungkinan besar akan menghentikan produksi Jazz untuk kawasan Asia. Penggantinya yaitu City Hatchback akan meluncur dalam hitungan hari. Pertanyaan terbesarnya, apakah City Hatchback bisa pertahankan hegemoni Honda Jazz yang unggul dibanding Yaris?

Apabila diadu secara head to head mungkin jawabanbnya mungkin saja, tapi kita harus realistis dari segi harga. Karena ini versi hatchback, maka secara harga bisa lebih murah daripada versi sedan untuk pasar Indonesia. Sebagai acuan, kita bisa mengambil contoh harga New Honda City sedan di Malaysia.

Untuk di negara tetangga, Honda City dijual seharga RM 74.191 sampai 86.561 atau bila dikurskan menjadi Rp Rp 255 sampai 297,5 jutaan. Sementara harga sedan di Indonesia saja sudah tembus Rp 300 jutaan, yaitu untuk City 2020 dijual seharga Rp 337 sampai Rp 347 jutaan.

Sementara untuk harga Honda Jazz 2020 dijual antara Rp 250,2 sampai 292,5 jutaan. Artinya, kisaran harga Jazz hanya 75 persen dari Honda City. Kita asumsikan, harga jual City Hatchback selisih Rp 10 jutaan lebih mahal dari Jazz, tetap saja masih tetap worth it karena spesifikasi serupa dengan All New City.

Toyota Yaris 2021 Andalkan Desain Agresif dan Perbaikan Handling

New Toyota Yaris mendapat upgrade soal handling yang lebih presisi untuk bermanuver.

Yaris 2021 berusaha menjadi hatchback yang menawan, tapi sekaligus juga mampu memberikan sensasi berkendara yang makin memuaskan. Desainnya juga semakin stylish dan youthful. New Yaris TRD, telah dilengkapi dengan Attractive Front Grille and Bumper, Striking LED Headlamp Design, dan New Design LED Fog Lamp Design. 

Sekarang Yaris hanya tersedia tipe G dan TRD Sportivo. Upgrade yang dilakukan beberapa waktu lalu sebenarnya cukup signifikan meskipun tidak radikal. New Yaris menawarkan sensasi berkendara yang lincah (agile) hingga mampu membangkitkan rasa kegembiraan (excitement). 

Radius putarnya jadi lebih pendek yaitu 5.1 meter yang memberikan nilai tambah dan kemudahan dalam bermanuver. Sayangnya untuk urusan dapur pacu, Yaris masih mengandalkan mesin tipe 2NR-FE berkapasitas 1.496  cc yang didukung  teknologi  Dual  VVT-i. Tenaga maksimumnya 105 hp/6.000 rpm dan torsi 140 Nm/4.200 rpm. 

Mesin tersebut tetap dipertahankan karena terbukti bertenaga dan mampu memberikan efisiensi penggunaan bahan bakar. Menariknya, terdapat fitur Convenient Paddle Shift di balik kemudi guna memberikan sensasi fun to drive dan excitement. 

Hadir juga  mode berkendara Sport/Eco dengan Mode Switch untuk memberikan nilai tambah berupa pilihan sensasi berkendara yang berbeda. 

Honda City Hatchback 2021 Siap Gantikan Posisi Jazz

Honda Thailand selaku produsen menyebut bila pengganti dari Honda Jazz ini yaitu City Hatchback 2021 dimana mobil ini akan dijual di pasar ASEAN dan Amerika Selatan.

Secara spesifikasi, ada sedikit perbedaan pada mesin yang diusung oleh City Hatchback dibandingkan Jazz GK5. Tenaga yang dihasilkan City Hatchback 2021 hanya selisih 1 ps lebih kecil. Mesinnya juga ada sedikit beda kubikasi, dan transmisi yang digunakan yaitu CVT.

Secara fitur juga tidak ada perbedaan antara versi sedan dan hatchback. Jadi, kehadiran City Hatchback 2021 jelas membuat segmen ini makin memanas. Sebab, City akan mendapat fitur Honda Lanewatch, serta untuk pertama kalinya di dunia bakal dapat rem parkir elektrik dan Honda Sensing.

Secara desain juga lebih dewasa dengan ciri khas solid wing di grill depan. Headlamp bergaya sipit dan overhang belakang kini memanjang, sehingga bagasi jadi lebih besar. Hal ini setidaknya bisa mengkompensasi hilangnya fitur Ultraseat yang jadi keunggulan pada Honda Jazz.

Honda Jazz sangat disukai karena fitur Ultraseat, yaitu pengaturan kursi yang sangat fleksibel. Kita bisa membawa barang yang sangat banyak atau berukuran cukup besar dan cukup melipat semua kursinya jadi rata lantai. 

Kesimpulan

Seiring punahnya Honda Jazz, tak lantas penerusnya jadi lebih buruk. Honda banyak berbenah pada model City sedan dan keunggulan tersebut akan dibawa juga untuk versi hatchback yang jadi suksesor Jazz. Secara desain, City memang tidak youthful seperti halnya Toyota Yaris. 

Namun, kelengkapan fitur yang terdapat pada City hatchback ini bisa menjangkau semua kalangan yang lebih luas lagi. City hatchback dengan karakter yang dewasa ini cocok untuk pengguna yang lebih mapan namun tetap fashionable bagi kalangan muda.

Komentar

Mobil Terbaru