Honda Brio Terdepak Duet Astra, Ini Deretan LCGC Terlaris Selama Maret 2021

Enda · 21 Apr, 2021 13:00

Honda Brio Terdepak Duet Astra, Ini Deretan LCGC Terlaris Selama Maret 2021 01

Honda Brio

Penjualan kendaraan roda empat di segmen Low Cost Green Car (LCGC) selama Maret 2021 diketahui mengalami peningkatan penjualan yang cukup baik. Meskipun mobil LCGC tidak berkesempatan merasakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar nol persen.

Melansir data penjualan wholesales (pabrik ke dealer) dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pada kuartal pertama di bulan terakhir, diketahui total penjualan keseluruhan model ini mencapai 18.168 unit. Ini artinya, penjualan LCGC di Tanah Air mengalami kenaikan sebanyak 52,7 persen dari bulan sebelumnya.

Bicara mengenai Honda Brio, produk flagship pabrikan otomotif berlogokan ‘H’ tegak jenama Jepang ini menempati urutan ketiga penjualan terlaris selama Maret 2021 di bawah duo kembar Astra.

Penasaran dengan apa saja model LCGC terlaris lainnya? Berikut datanya.

Baca juga: Deretan LMPV Terlaris Maret 2021, Avanza Terlaris dan Honda Mobilio Menjatuhkan Daihatsu Xenia

1. Daihatsu Sigra

Honda Brio Terdepak Duet Astra, Ini Deretan LCGC Terlaris Selama Maret 2021 02

Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra merupakan mobil murah ramah lingkungan yang mengadopsi jok sejumlah 7-seater. Hingga saat ini, Sigra ditawarkan dalam 20 varian dengan menganut mesin 1.0L serta 1.2L.

Mengenai penjualannya, Sigra menempati posisi diurutan pertama penjualan secara wholesales selama Maret 2021 dengan mencetak angka keseluruhan 4.772 unit.

Melihat spesifikasi jantung pacu yang digunakan, pada varian 1.0L menggunakan mesin berkodekan 1KR-VE, DOHC VVT-I 998 cc yang mampu menghasilkan tenaga 67 PS @6.00 rpm serta torsi 89 Nm @4.440 rpm. Sedangkan mesin 1.2L nya memiliki kode 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i 1.197 cc yang dapat memuntahkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi mencapai 108 Nm @4.200 rpm. Bicara transmisi, mobil ini dihadirkan dalam dua pilihan, manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-percepatan.

Ketika berkendara di jalan yang licin, kalian harus lebih berhati-hati ketika berkendara menggunakan mobil ini. Pasalnya, Daihatsu Sigra belum dilengkapi ABS tidak seperti Toyota Calya.

2. Toyota Calya

Honda Brio Terdepak Duet Astra, Ini Deretan LCGC Terlaris Selama Maret 2021 03

Toyota Calya

Sebagai saudara kembar Sigra, Toyota Calya memposisikan dirinya diurutan kedua sebagai penjualan terlaris periode ini. Secara data, LCGC garapan Toyota ini berhasil mencatat total angka penjualan sebanyak 4.243 unit.

Berbeda dengan saudara kembarnya, Calya sendiri dihadirkan dalam 8 varian, E STD M/T, E MT STD, E M/T, E MT, G M/T, G MT, G A/T dan G AT.Sejak mendapatkan facelift, Toyota Calya terlihat lebih futursitik. Dimana lampu depannya sudah mendapatkan LED. Sedangkan untuk tipe terendah belum dilengkapi dengan foglamp.

Soal fitur keselamatan, Toyota Calya berhasil dilengkapi ABS EBD, Immobilizer, dual SRS airbag, seatbelt 3 titik, ISOFIX, anti theft dari Toyota dan sensor parkir mundur. Berbeda dengan Sigra, Toyota Calya hanya ditawarkan mesin 1.2L dengan spesifikasi yang sama serta pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

3. Honda Brio

Honda Brio Terdepak Duet Astra, Ini Deretan LCGC Terlaris Selama Maret 2021 04

Honda Brio Satya

Sempat dinobatkan sebagai mobil terlaris selama 2020 kemarin, tercatat penjualan Honda Brio pada periode kali ini mampu menorehkan angka 4.192 unit untuk semua varian Satya yang membuatnya berada di bawah Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Baca juga: Uji Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio RS: Tembus 20,8 km/liter Layaknya LCGC

Masuk dalam kategori mobil LCGC, Brio Satya dianggap memiliki tampilan yang lebih dinamis dan sporty dibandingkan rivalnya.

Salah satu alasan mengapa mobil ini cukup banyak dilirik, dikarenakan Brio Satya mendapatkan mesin paling besar tenaganya diantara LCGC yang ada. Mesin 1.2L i-VTEC tenaga 90 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 110 Nm @4.800 rpm. Transmisinya ditawarkan dengan dua pilihan, manual 5-percepatan dan CVT. Selain itu, fitur keselamatan dan unggulan pada mobil ini juga terbilang paling lengkap.

4. Daihatsu Ayla

Honda Brio Terdepak Duet Astra, Ini Deretan LCGC Terlaris Selama Maret 2021 05

Daihatsu Ayla

Berada di posisi keempat sebagai mobil terlaris di bulan ketiga tahun ini, Daihatsu Ayla mampu membukukan angka penjualan sebanyak 2.710 unit. Model facelift terakhirnya, Ayla berhasil mendapatkan sistem dan teknologi baru.

Pada tampilan layar infotaiment, kini terlihat lebih modern dan ergonomis. Head Unit berukuran 7 inci yang disematkan, bisa dihubungkan dengan MP3, DVD, USB, Bluetooth, serta pengaturan Aux. Fitur keselamatannya sudah dilengkapi ABS dan EBD, yang setidaknya mengurangi resiko terjadinya selip pada ban.

Bicara soal jantung pacu, Ayla dibenamkan mesin yang sama dengan Sigra yang juga ditawarkan pilihan 1.0L dan 1.2L.

5. Toyota Agya

Honda Brio Terdepak Duet Astra, Ini Deretan LCGC Terlaris Selama Maret 2021 06

Toyota Agya

Meski mendapatkan fitur, aksesoris lebih lengkap, serta tampilan yang lebih impressive, Toyota Agya memposisikan dirinya tepat di bawah Daihatsu Ayla  untuk total penjualan wholesales selama Maret 2021. Tercatat Agya sendiri berhasil dikirimkan sebanyak 2.088 unit selama periode ini.

Sama seperti Ayla, Agya juga ditawarkan dua pilihan mesin, yakni 1.0L dan 1.2L serta transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar.

6. Suzuki Karimun Wagon R

Honda Brio Terdepak Duet Astra, Ini Deretan LCGC Terlaris Selama Maret 2021 07

Suzuki Karimun Wagon R

Melansir data penjualan wholesales GAIKINDO Maret 2021, Suzuki Karimun Wagon R berhasil mencatat angka penjualan keseluruhan 167 unit yang membuatnya berada di posisi keenam.

Sebagai LCGC berpenampilan boxy, Suzuki Karimun Wagon R ditawarkan dalam tiga varian, GA, GL, GX. Berbeda dengan para kompetitornya, Karimun Wagon R hanya disediakan satu pilahan mesin saja, 1.0L berkodekan K10B.

Tenaga yang dihasilkan cuma 68 PS @6.200 rpm di angka torsi 90 Nm @3.500 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, putaran mesin tadi disalurkan ke penggerak roda depan dengan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan AGS.

Honda Brio Satya Mencatat Angka Penjual Retail Sebanyak 2.612 unit Selama Maret 2021

Honda Brio Terdepak Duet Astra, Ini Deretan LCGC Terlaris Selama Maret 2021 08

Honda Prospect Motor memeriahkan pagelaran IIMS Hybrid 2021

Honda berhasil mencatat peningkatan penjualan pada bulan Maret 2021. Pencapaian penjualan Honda didukung berkat penyegaran beberapa produk dan program relaksasi pajak yang membuat permintaan konsumen meningkat.

Honda mencatat penjualan retail (diler ke konsumen) sebesar 10.048 unit pada bulan Maret lalu, meningkat sebesar 67% dibandingkan penjualan pada bulan sebelumnya. Dari besaran persen yang didapat diantaranya berhasil diraih Honda Brio Satya dengan penjualan retail sebesar 2.612 unit.

Agar selalu mempertahankan trend penjualan yang positif, Honda juga menampilkan seluruh jajaran mobilnya yang mendapatkan relaksasi PPnBM di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang saat ini sedang berjalan hingga tanggal 25 April 2021.

Honda juga telah menyiapkan berbagai program penjualan dan purna jual yang menarik yang memudahkan untuk memiliki mobil Honda sekaligus memberikan nilai lebih bagi konsumen, diantaranya adalah TDP mulai dari 20 jutaan, cicilan mulai dari Rp2 Juta, bunga mulai dari 0%, Lucky Dip dengan total hadiah hingga ratusan juta rupiah, hadiah langsung Free voucher service & part, undian berhadiah 1 unit mobil Honda Brio, Special Gold Design Honda, Smart TV, serta Smartphone untuk para customer yang melakukan pembelian di IIMS 2021.

Baca juga: Cicilan Kredit Honda Brio RS 2021 Cuma Rp4 Jutaan, Jangan Khawatir Bila Penghasilan Pas-pasan!

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru