Review Pemilik: Apa Alasan Pemilik Toyota Vios Kelahiran 1995 Ini Tidak Memilih Honda City?

Review Pemilik · 22 Mei, 2021 17:00

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Toyota Vios 2021 dan artikel ini dari situs Vietnam, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.

Frans


Pemuda kelahiran 1995 ini memutuskan membeli Toyota Vios 2021 hanya dua bulan setelah keluarganya membeli Toyota Vios 2020 karena puas dengan performa yang disuguhkan mobilnya. Meski begitu, masih ada beberapa kekurangan yang dapat diperbaiki pada mobil lansiran Jepang ini.

Frans tinggal di Ibukota dan memiliki Toyota Vios 1.5G CVT yang merupakan varian tertinggi yang ditawarkan di Vietnam. Frans mengatakan, dia membeli mobil untuk dirinya dan keluarganya, salah satunya karena dia serta menggunakannya untuk pergi bekerja setiap hari ke pusat kota.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Review Pemilik: Apa Alasan Pemilik Toyota Vios Kelahiran 1995 Ini Tidak Memilih Honda City? 01

Biasanya, anak muda berusia 26 tahun seperti Frans cenderung memilih mobil dengan model yang lebih sporty, dinamis dan bergaya sesuai usianya. Sementara Toyota Vios, model mobilnya terkadang kerap dikaitkan dengan pelanggan paruh baya. Bahkan sebenarnya, Frans pun mengakui jika dia menyukai desain generasi baru Honda City dan Mazda 2, karena terlihat lebih keren, sporty dan cocok untuk anak muda. Namun, pada akhirnya Frans malah beli Toyota Vios.

Q1: Hai Frans. Terima kasih atas kesediaan Anda untuk diwawancara. Ada banyak pilihan mobil di segmen ini, yang lebih baru, dan sepertinya lebih cocok buat kamu. Kenapa tetap memilih Toyota Vios 2021?

Sebelum membeli Toyota Vios ini, saya sudah mempertimbangkan sejumlah model lain di segmen yang sama, seperti Honda City dan Mazda 2. Saya suka desain Honda City dan Mazda 2, kedua model ini memiliki desain yang sporty dan sangat cocok untuk anak muda. Bahkan tak hanya melihat-lihat saja, saya juga sempat test drive kedua model tadi. Toyota Vios adalah mobil terakhir yang saya lihat, tetapi itu akhirnya menjadi pilihan saya.

Jujur, saya bukan fans Toyota, apalagi Toyota Vios. Mobil Toyota yang berorientasi pada kualitas, rasanya memang lebih cocok untuk orang paruh baya. Namun, setelah mempertimbangkan beberapa kriteria dalam memilih mobil, Toyota Vios merupakan model yang saya rasa paling tepat. Kriteria tersebut antara lain citra merek, daya tahan, dan konsumsi bahan bakar.

Review Pemilik: Apa Alasan Pemilik Toyota Vios Kelahiran 1995 Ini Tidak Memilih Honda City? 02

Dari mereknya, Toyota selalu menjadi top of mind di seluruh negeri. Toyota juga merupakan perusahaan mobil terbesar di dunia. Paman saya membeli Toyota Vios pada tahun 2010 dan masih mengemudikannya sampai sekarang. Mobilnya masih berjalan dengan baik, tidak tampak banyak kerusakan dan yang paling utama, hemat bahan bakar! Pada generasi baru mobil ini, mesin dan transmisinya sudah ditingkatkan, jadi saya rasa Toyota Vios akan lebih irit.

Faktor lain yang membuat saya memutuskan untuk membeli Toyota Vios adalah ruang yang lapang dan adanya airbag di baris belakang. Ini penting karena saya beli mobil ini untuk keperluan keluarga saya. Ketika saya duduk di Honda City dan Mazda 2, saya menemukan keleluasaan kedua model ini tidak selapang Toyota Vios. Mazda 2 malah rasanya sangat kecil dan sempit. Bagasi Toyota Vios juga luas, bisa memuat sekitar 4 koper perjalanan yang besar.

Toyota Vios memang tidak sekeren Honda City, tapi sebenarnya, Toyota Vios terbaru juga sudah lebih menarik dan tampak segar. Rasanya juga masih cocok untuk anak muda seperti saya. Keluarga saya juga membeli Toyota Vios 2020 pada 2 bulan yang lalu, itu mobil yang digunakan ibu saya. Hanya sekitar 2 bulan kemudian ketika Toyota Vios merilis versi baru, saya memutuskan untuk membelinya bersama istri saya.

Review Pemilik: Apa Alasan Pemilik Toyota Vios Kelahiran 1995 Ini Tidak Memilih Honda City? 03

Q2: Apa alasan Anda dan keluarga Anda membeli dua Vios hanya dalam 2 bulan? Setelah membeli Toyota Vios 2021, Anda punya versi baru, apakah Anda tidak merasa sayang dengan Toyota Vios 2020 sebelumnya?

Saya pribadi merasa, Toyota Vios 2020 sudah sesuai dengan kebutuhan keluarga saya. Setelah sekitar sebulan mengemudikan Toyota Vios milik ibu saya itu, saya merasakan bahwa itulah mobil yang saya butuhkan. Karena itu, begitu Toyota Vios 2021 dirilis, dengan lebih banyak pembaharuan, saya memutuskan untuk membelinya tanpa ragu.

Berbicara mengenai Toyota Vios 2020, saya sama sekali tidak merasa menyesal karena harga beli mobilnya saat itu lebih murah sekitar 20 jutaan dari versi yang baru. Toyota Vios 2021 memiliki lebih banyak peningkatan, tetapi harganya juga lebih tinggi.

Q3: Dibandingkan dengan versi Toyota Vios 2020, apakah Anda merasa pembaharuan yang dimiliki Toyota Vios 2021 cukup layak?

Bagi pengguna Toyota Vios 2020, menurut saya tidak perlu ganti ke versi 2021. Tapi kalau masih pakai Toyota Vios lama atau mobil kecil lain, jika Anda membeli model terbarunya, lebih banyak fitur yang di dapatkan dan lebih baik dibanding versi 2020.

Review Pemilik: Apa Alasan Pemilik Toyota Vios Kelahiran 1995 Ini Tidak Memilih Honda City? 04

Yang paling menarik adalah depannya. Lampu depan LED baru terlihat cantik, modern, dan lebih sporty dibandingkan lampu halogen versi lama. Pencahayaan LED juga lebih baik di malam hari. Yang kedua, mobil ini kini memiliki kunci pintu otomatis. Ini adalah fungsi yang sangat penting dan lebih aman pada Toyota Vios terbaru ini.

Q4: Sebelum Toyota Vios, apakah Frans pernah berkendara mobil lain?

Sebelum menggunakan Toyota Vios 2020, saya pakai Kia Picanto, tapi itu mobil perusahaan, bukan mobil pribadi. Secara umum, Kia Picanto dan Toyota Vios sangat berbeda. Tidak hanya berbeda dalam segmen, fitur, tetapi juga daya tahan yang berbeda. Kia Picanto, setelah 2 - 3 tahun digunakan, interiornya sudah mulai rusak.

Hal ini memang tidak sulit diterima. Karena mobil ini adalah mobil perusahaan dan sering dikendarai oleh rekan saya untuk mengangkut perbekalan. Artinya, pasti lebih cepat rusak daripada mobil pribadi. Sedangkan interior dan mesin Toyota Vios berusia 11 tahun yang digunakan paman saya masih cukup bagus.

Review Pemilik: Apa Alasan Pemilik Toyota Vios Kelahiran 1995 Ini Tidak Memilih Honda City? 05

Q5: Seberapa sering kendaraan Anda digunakan? Setelah sekitar dua bulan menggunakan mobil, apakah menurut Anda Toyota Vios memenuhi kebutuhan Anda?

Saya membeli mobil ini untuk pergi bekerja. Tempat kerja saya dan istri saya berdekatan, jadi kami dapat pergi bekerja bersama-sama dengan nyaman. Selama liburan, kami mengemudikan mobil ini untuk jalan-jalan keluar, tetapi saat ini kami hanya berjalan-jalan sekitar ibukota. Belum sempat pergi ke tempat yang lebih jauh.

Yang membuat saya senang dengan Toyota Vios adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit. Setiap hari, saya berangkat kerja dari rumah ke kantor saya yang jaraknya hampir 7 km. Tahukah Anda, berkendara pada jam-jam sibuk itu membuat jalan sangat macet. BBM Toyota Vios pada kondisi ini menurut pantaian saya mencapai 9,5 liter/100 km. Kalau tidak macet, BBM Toyota Vios dapat mencapai sekitar 7 liter/100 km.

Secara umum, ini adalah mobil yang memenuhi kebutuhan dasar saya, berukuran luas, nyaman, dan konsumsi bahan bakarnya irit.

Q6: Selain itu, apa lagi yang menarik dari Toyota Vios?

Selain keleluasaan kabin dan Konsumsi bahan bakar yang irit, saya juga cukup menyukai kekedapan suara Vios baru ini. Ketika saya mengemudikan Toyota Vios ini, saya menemukan beberapa hal. Seperti saat berkendara di jalan tol menuju bandara, saya menemukan bahwa Vios ini cukup hening pada kecepatan 80 km/jam. Dengan kecepatan yang lebih tinggi, suara angin yang mulai terdengar.

Selain itu, AC Toyota Vios juga bagus. Saat berkendara di pagi hari, AC dapat lebih cepat dingin. 

Q7: Apakah ada kekurangan Toyota Vios 2021 yang membuat Anda tidak puas?

Ada 3 kekurangan yang menurut saya harus ditingkatkan dari Toyota Vios 2021. Dua di antaranya saya temukan pada saat mobil digunakan, sementara satu lahi adalah seperti keinginan saya untuk membuat mobil ini lebih sempurna.

Pertama, seperti yang saya katakan sebelumnya, saya suka desain baru bagian depan, terutama lampu depan dengan LED. Meski Toyota Vios 2021 tampil baik di bagian depan, tapi bagian belakangnya tidak memuaskan saya. Jika hanya melihat ke belakang, Anda tidak akan bisa membedakan model Vios 2020 dan 2021. Perubahan desain Toyota Vios 2021 di bagian belakang terlalu sedikit dibandingkan ekspektasi Anda.

Kedua, kamera mundur mobil ini sangat redup. Saya telah menguji model lain seperti Honda City dan Mazda 2, kedua model pesaing ini memiliki kamera mundur yang lebih jelas. Ini adalah detail kecil, tetapi terasa tidak nyaman saat digunakan. Menurut saya, Toyota Vios harus segera memperbaiki kamera mundurnya. Ngomong-ngomong, mobil ini juga telah memiliki sensor parkir di keempat sudut mobil, jadi kamera hanya sebagai pendukung.

Terakhir, saya berharap Toyota Vios memiliki fitur pembatas kecepatan (LIM). Toyota Vios baru memang punya Cruise Control, tapi bagi beberapa orang yang sering jalan-jalan seperti saya, fitur ini jarang dipakai. Sedangkan LIM merupakan fitur yang cocok dan lebih banyak digunakan. Tentu saja, saya tahu tidak ada model di segmen ini dengan LIM, tetapi penambahan LIM akan membantu Toyota Vios menjadi lebih kompetitif dibanding pesaingnya.

Q8: Jika Anda mengganti mobil, mobil mana yang Anda inginkan atau rencanakan untuk diganti? Mungkinkah itu Toyota lain?

Saya bertekad sejak awal bahwa saya akan tetap menggunakan Toyota Vios 2021 ini selama kurang lebih 5 tahun. Di segmen B, saya belum melihat pilihan yang lebih masuk akal daripada Toyota Vios. Mobilnya lapang, tahan lama dan biaya perawatannya juga sesuai dengan kemampuan finansial saya.

Review Pemilik: Apa Alasan Pemilik Toyota Vios Kelahiran 1995 Ini Tidak Memilih Honda City? 06

Seperti sudah saya katakan sebelumnya, saya bukan penggemar Toyota. Saya memilih Toyota Vios karena memang mobil ini sesuai dengan kebutuhan saya saat ini. Jika saya mengganti mobil, saya akan beralih ke model yang lebih besar. Sebagai pencinta mobil sport, jika saya mampu, saya akan memilih Honda Civic. Terutama karena saya menyukai pengalaman mengendarai mobil ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Review Pemilik

UGC

Saya dan mobil saya. Kolom ini menerbitkan cerita tentang review pemilik dari penggemar mobil kami. Apakah Anda ingin berbagi cerita Anda?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mazda 2 R AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru