Wajib Tahu, Cara Mudah Mengetahui Letak Tutup Tangki

Enda · 14 Sep 2020 17:00

Setiap produsen kendaraan bermotor khususnya roda empat, pasti berbeda-beda dalam hal meletakan posisi tutup tangki bahan bakar. Pada umumnya untuk mobil penumpang, letak dari tutup tangki bahan bakar berada di bagian belakang samping sisi kiri maupun kanan.

Dalam hal ini, masalah kerap kali timbul ketika sang pemilik kendaraan baru atau peminjam kendaraan hendak mengisi bahan bakar. Namun, tidak mengetahui letak posisi pada tutup tangki.

Tak heran jika seringkali ditemui pengguna mobil diharuskan turun untuk mengecek langsung mengetahui letak posisi tutup tangki sebelum mengisi bahan bakar. Hal ini tentunya membuat sedikit ribet, dan menjadi pembicaraan di dalam hati bagi orang yang melihatnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebenarnya dari masing-masing produsen mobil atau Agen Pemegang Merek (APM) telah membekali buku panduan, yang mana di dalamnya juga dijelaskan mengetahui letak posisi tutup tangki bahan bakar untuk model kendaraan yang digunakan.

Jika malas untuk membaca, sebenarnya terdapat alternatif lain yang sangat mudah, untuk mengetahui letak posisi tutup tangki bahan bakar.

Cukup melihat simbol pada indikator tampilan speedometer

Mobil sekarang tidak seperti dulu, yang pada umumnya pengemudi diwajibkan turun ketika hendak membuka tutup dan mengisi bahan bakar pada tangki.

Hal tersebut dilakukan karena, untuk membuka tangki bahan bakar, pengguna diharuskan memutar anak kunci pada tutup tangki dengan kunci yang sama digunakan ketika menyalakan mesin.

Semakin berkembangnya zaman, produsen kendaraan bermotor roda empat memberikan kemudahan dalam membuka tutup tangki. Dengan cara menarik tuas yang biasanya terletak di sebelah kanan bagian bawah jok pengemudi untuk model Sedan, City Car dan MPV.

Jika telah berhasil menarik tuas dan bingung akan letak posisi tutup tangki, pengemudi tidak diharuskan turun dari mobil dan tidak perlu repot-repot melihat letak posisi tutup tangki bahan bakar melalui kaca spion.

Cara mudahnya, pengemudi cukup melihat simbol yang terletak di samping jarum indikator volume bahan bakar pada tampilan speedometer.

Di sana terdapat simbol berupa dispenser mesin pengisian bahan bakar, yang dilengkapi dengan penunjuk arah. Jika petunjuk arah menghadap ke kiri, maka letak tutup tangki pengisian bahan bakar ada di sebelah kiri mobil. Begitupun sebaliknya jika petunjuk mengarah ke kanan.

Komentar

Mobil Terbaru